Rencana bisnis atau rencana bisnis adalah pernyataan formal, tertulis tentang tujuan bisnis dan bagaimana mencapai tujuan tersebut. Kenyataannya banyak orang gagal membuat rencana bisnis atau rencana bisnis ketika akan berbisnis.

Sebagian orang percaya bahwa yang penting dari bisnis hanya dijalankan. Dalam teori untuk mengembangkan rencana bisnis atau rencana bisnis sangat penting untuk mengamankan modal awal dan mengarahkan perusahaan setelah didirikan.

Rencana bisnis membantu menentukan apa yang akan menjadi masa depan perusahaan, siapa yang akan mengoperasikannya (dan bagaimana tingkat pengalaman mereka), dan lapangan bermain akan diambil, serta titik jual unik yang diharapkan akan membawa kesuksesan. Selain itu, rencana tersebut harus memberikan perkiraan biaya awal.

Tentu ini bisa menjadi tantangan bagi perusahaan yang belum ada. Namun, buat perkiraan biaya serealistis mungkin dan berikan sejumlah perkiraan penjualan akan membantu meyakinkan pemberi pinjaman bahwa perusahaan itu layak dan akan memiliki peluang sukses yang kuat.

Membuat Perencanaan Bisnis yang Baik

Apa yang harus dimasukkan dalam rencana bisnis? Berikut ini adalah daftar rencana bisnis sebagaimana yang ditulis dalam artikel Fox Business

1Ringkasan Eksekutif

Satu atau dua halaman yang menggambarkan bisnis Anda, termasuk sasaran bisnis, operasional, upaya pemasaran, dan model pendapatan. Pastikan bahwa bagian ini ditulis dengan ringkas.

2Deskripsi Bisnis

Apa yang akan dilakukan perusahaan Anda? Bagaimana cara menghasilkan untung?

3Pasar Lokal dan Lanskap Kompetitif

Bagian penting dari rencana ini. Evaluasi persaingan seobjektif mungkin dan kemudian jelaskan bagaimana Anda berencana untuk menjadikan bisnis Anda berbeda dari bisnis lain.

4Produk atau Layanan

Jelaskan bagaimana produk atau layanan Anda dapat berfungsi.

5Penjualan, Pemasaran dan Promosi

Jelaskan bagaimana Anda akan menginformasikan pasar tentang perusahaan Anda dan bagaimana Anda membangun kesadaran merek. Jelaskan juga tentang pengembangan situs web, iklan, hubungan masyarakat (media tradisional dan sosial), kehadiran pameran dagang, pengambilan sampel dan promosi penjualan akan dilakukan.

6Manajemen

Jelaskan siapa yang akan menjalankan bisnis Anda, dan tingkat pengalaman mereka. Termasuk biografi singkat tentang mitra dan tim inti Anda.

7Data Keuangan

Buatlah analisis impas, proyeksi arus kas, neraca sampel dan laporan laba rugi.

8Investasi

Berapa banyak uang yang Anda masukkan ke dalam bisnis? Penting untuk memberikan perkiraan penjualan dan penghasilan bagi investor yang mengharapkan pengembalian modal.

9Lampiran

rencana bisnis termasuk dokumen pendukung, seperti semua penelitian yang telah dilakukan, bagan dan grafik, logo dan gambar lainnya, referensi, dan sebagainya.

Melalui rencana bisnis yang kuat yang akan memastikan keseriusan lebih dari manajer bisnis yang bersangkutan. Rencana bisnis juga merupakan cara untuk meyakinkan investor atau pemberi pinjaman Anda akan memberikan perusahaan yang Anda buat. Rencana bisnis yang baik akan berisi bidang-bidang yang jelas dan mudah dimengerti apa sebenarnya tujuan bunga, upaya, target ilustrasi, strategi dan sebagainya.

Biasanya pihak pemberi dana hibah akan menilai tidak hanya dari aspek kejelasan, tetapi sejauh mana manfaat dari rencana bisnis itu dikejar. Ukuran dan target sebagai apa yang dipersiapkan di masa depan untuk mengantisipasi masalah yang akan dihadapi oleh perusahaan. Rencana bisnis biasanya diperlukan ketika Anda akan mengikuti hibah kompetisi untuk usaha bisnis.

Jika Anda merancang rencana bisnis untuk suatu acara persaingan bisnis, hal terpenting yang Anda lakukan tahap awal adalah bagaimana menyajikan sesuatu yang mudah dipahami oleh orang lain, sederhana tetapi tetap mengandung tujuan yang ingin dicapai.

Sumber pendanaan dari pihak ketiga seperti perbankan, investor atau modal usaha membutuhkan dokumen tertulis untuk menemukan bisnis yang akan dibuat. Oleh karena itu, tantangan pertama seorang calon wirausaha adalah menciptakan rencana bisnis atau rencana bisnis yang dijualnya.

Ada banyak versi yang menjelaskan bisnis dan rencana bisnis. Salah satunya adalah pendapat Garret Sutton seorang ahli dalam hukum bisnis dan penulis The ABC’s Writing Winning Business Plan, mencatat bahwa “Bisnis adalah rencana, bukan produk atau prosedur.”

Rencana bisnis yang baik harus dapat menjawab tiga pertanyaan penting bagi investor atau kreditor:

  1. Bisakah saya menghasilkan uang dengan berinvestasi dalam bisnis ini? Pertanyaan ini ingin mencoba meyakinkan investor atau kreditur mengenai risiko dan pengembalian, jika mereka berinvestasi dalam bisnis kami.
  2. Apakah saya suka dan memahami bisnis yang saya investasikan dalam hal ini?
  3. Apakah saya mempercayai orang-orang dengan siapa saya berinvestasi?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here