Gak Bisa Bayar Biaya Pendidikan yang Mahal? Ini Solusinya

0
3


Biaya pendidikan setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan, hal ini seiring dengan meningkatnya kualitas institusi pendidikan, serta makin terbatasnya kuota penerimaan pada lembaga pendidikan negeri.

Tak pelak, banyak orang tua harus memutar otak guna memenuhi kebutuhan biaya pendidikan untuk sang buah hati tercintanya.

Jenjang pendidikan mulai dari taman kanak-kanak hingga kuliah memerlukan biaya yang tidak sedikit. Salah satu solusi yang tersedia saat ini adalah pinjaman biaya pendidikan yang cepat, fleksibel, dan aman.

Seperti contohnya Pintek.id yang merupakan financial technology (fintech) yang menyediakan akses dana pendidikan melalui skema pinjaman yang telah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI).

Dengan skema pinjaman online untuk dunia pendidikan, Pintek.id memberikan akses kepada berbagai jenis lembaga pendidikan. Mulai dari yang terendah yakni taman kanak-kanak, hingga lembaga pendidikan tinggi seperti universitas. Selain itu, disediakan juga pinjaman untuk belajar di lembaga pendidikan informal seperti kursus, sertifikat, dan pelatihan.

Co-Founder Pintek.id Tommy Yuwono mengatakan, Pintek.id telah berjalan dari tahun 2017.  Mereka telah melayani para peminjam dana pendidikan di lebih dari 20 kota di Indonesia.

“Untuk saat ini kami sudah memiliki lebih dari 70 partner, jadi kami berkerjasama dengan institusi-institusi pendidikan. Terus kami sudah menyalurkan ke ratusan calon peminjam, dan sudah ada ribuan yang sudah mengajukan pinjaman ke kita, dan kita sudah memberikan pinjaman lebih dari 20 kota di Indonesia,” kata Tommy saat berbincang dengan Moneysmart.id.

Tommy mengatakan, pihaknya telah menyalurkan dana miliaran rupiah kepada peminjam dana pendidikan.

Cara Mendapatkan Pinjaman Biaya Pendidikan

biaya pendidikan
Gimana cara mendapatkan pinjaman biaya pendidikan? (Shutterstock)

Menurut Tommy, untuk mendapatkan biaya pinjaman pendidikan tidaklah sulit. Calon peminjam hanya perlu menyertakan syarat-syarat dokumen utama seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Rekening Tabungan atau Bukti Penghasilan, dan Foto diri.

Jika ingin mendapatkan pinjaman, Tommy menyarankan agar pemohon atau peminjam meng-upload berkas-berkas dokumen dengan cepat dan lengkap.

Pertama, bisa langsung ke institusi pendidikannya, melakukan pendaftaran dahulu.

Kedua, bisa langsung ke website Pintek.id. Caranya, isi data diri, upload dokumen, seperti KTP, selfie dengan KTP, KK, bukti penghasilan, seperti mutasi bank ataupun slip gaji.

Ketiga, setelah dokumen komplit kemudian diproses. Jika pengajuan diterima, dana langsung dicairkan ke lembaga pendidikan.

“Kami juga akan ada interview kepada peminjam yang menjadi penjaminnya, kecuali student-nya sudah punya penghasilan, dan ada interview untuk motivasi belajarnya,” kata Tommy.

Tren Pinjaman Biaya Pendidikan Meningkat

Sementara itu, menjelang tahun ajaran baru tahun 2019 ini, Tommy mengakui terjadi kenaikan permintaan pinjaman biaya pendidikan. Kenaikan itu terjadi pada pinjaman untuk uang pangkal masuk pendidikan jenjang sekolah sekolah dasar.

Akan tetapi, Pintek.id juga fokus memberikan pembiayaan pada jenjang pendidikan tinggi hingga lembaga pendidikan informasi.

“Dari sejak mulai sampai sekarang itu kita fokus kepada pendidikan tinggi sampai informal, seperti sertifikasi kursus, karena itu kan tiap bulan ada kebutuhannya, dan untuk semesteran pun setiap enam bulan sekali. Tapi, kalau untuk sekolah kan mereka paling lebih butuh pinjaman untuk uang pangkal di awal tahun aja, dan sampai saat ini lebih banyak di pendidikan tinggi,” kata Tommy. (Editor: Ruben Setiawan)





Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here