Ilmuwan Temukan Cara Selamatkan Lebah Kelaparan. Bisakah Diterapkan Untuk Selamatkan Hewan Lain?

0
1


Featured Image

Beberapa waktu lalu warganet dihebohkan dengan foto-foto beruang kutub yang “hijrah” ke pemukiman untuk mencari makanan. Sekelompok hewan buas itu seperti sudah kehabisan cara buat bertahan hidup lantaran cadangan makanan di habitat mereka sudah menipis. Kondisi seperti ini kalau dibiarkan bisa berbahaya. Rantai makanan jadi berantakan. Ekosistem jadi nggak imbang. Tentu saja kita manusia juga bisa kena imbasnya.

Itulah yang mendorong ilmuwan Dan Harris menciptakan “Kartu Lebah” untuk memberi makan lebah kelaparan. Kenapa lebah ya? Memangnya apa sih fungsi lebah buat kehidupan manusia selain bisa menghasilkan madu?

Lebah mungkin jadi hewan yang kerap dilupakan, kecuali saat binatang mungil ini menyengat manusia, itu pun pasti diingat buat dimaki-maki. Padahal lebah punya manfaat yang besar buat kelangsungan hidup manusia lo!

Tanpa lebah, produksi sayur dan buah-buahan bisa menurun via torontourbangrowers.org

Sebagai serangga yang mungkin seringkali terlupakan, lebah ternyata punya segudang manfaat buat kelangsungan hidup manusia. Lupakan dulu kebiasaan mereka yang suka menyengat. Lebah bisa membantu proses penyerbukan di perkebunan. Lebah lah yang membantu meningkatkan hasil perkebunan seperti sayuran dan buah-buahan. Tanpa lebah, etalase sayur dan buah di supermarket mungkin akan lebih “sepi”.

Saat ini kabarnya jumlah lebah di alam semakin menipis. Ini salah satunya karena jumlah taman bunga sebagai ladang makanan lebah juga berkurang

Populasi lebah di dunia mulai berkurang via www.mybeeline.co

Seperti dilansir Coop News, populasi lebah dunia berkurang sebanyak 2% pada 2016. Selain makanannya yang berkurang, lebah ternyata juga mudah lelah lo. Kalau 40 menit aja nggak makan, dia bisa kelaparan, lemas, dan akhirnya mati. Inilah yang membuat ilmuwan Dan Harris berinisiatif membuat “Kartu Lebah”.

Kartu lebah via www.eveningnews24.co.uk

Dibuat dari bekas kartu kredit, kartu untuk lebah ini didesain agar manusia bisa mengisinya dengan tetesan gula. Nanti tinggal diletakkan aja di halaman atau taman depan rumah. Atau misalnya kita melihat ada lebah sekarat, tinggal ditaruh didekatnya aja. Nanti lebah itu akan mendatangi “Bee Saviour Sugar Cards” sendiri.

Terlihat sepele memang, tapi inovasi ini mungkin bisa menginspirasi ilmuwan lain buat menciptakan teknologi serupa untuk menyelamatkan hewan lain yang nyaris punah

Mungkinkah diterapkan untuk selamatkan hewan lain? via www.goodnewsnetwork.org

Jangan dulu berpikir kalau teknologi ini nggak berguna ya. Kalau melihat lebah yang begitu banyak manfaatnya, keberadaan kartu pemberi makan lebah ini mungkin akan membantu menjaga populasi lebah supaya nggak punah. Dan bukan nggak mungkin inovasi ini bisa diadaptasi buat menciptakan teknologi serupa untuk menyelamatkan hewan-hewan lain yang nyaris punah.

Saat ini “Kartu Lebah” sedang dalam tahap penggalangan dana untuk penciptaan yang lebih masif. Semoga saja segera bisa dijual bebas ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya





Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here