Jony Ive Desainer Senior Apple Hengkang Usai 25 Tahun Berkarier

0
1


Salah satu otak dari kesuksesan Apple adalah hasil tangan dingin Jony Ive. Jony memutuskan buat mengundurkan diri dari perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs. Tepat 27 Juni 2019 lalu. Jony menghabiskan waktunya berkarier di Apple dalam kurun waktu lebih dari 25 tahun tepatnya di tahun 1992. 

Jony bergabung dengan Apple saat perusahaan itu belum unjuk gigi seperti sekarang ini. Pria berkepala plontos ini merupakan salah satu orang yang membawa perubahan besar perusahaan Apple berkat tangan dinginnya terciptalah desain yang luar biasa. 

Desain maestro di antaranya, sebut saja iMac, Macbook, Iphone, Ipad, dan Ipod yang telah ia rancang selama ini. Bahkan Steve Jobs pernah berkata kalau Jony merupakan mitra kerjanya yang terbaik dan mengerti selera sang bos

Mahakaryanya terakhir sebelum hengkang adalah Mac Pro 2019 yang lebih mirip parutan kelapa. Siapa sangka kalau desain sederhana tersebut sebagai buah pemikiran terakhirnya di Apple.

Meskipun hengkang dari Apple, Jony dikabarkan memiliki kekayaan yang cukup banyak lho.

Saat hengkang, Jony Ive menjabat sebagai Chief Design Officer. Posisi tersebut merupakan puncak pimpinan dirinya dari tim desain yang dimiliki oleh Apple. Kira-kira seperti apa sepak terjang pria yang udah berkarier hingga 25 tahun lebih ini? Yuk, kita simak aja soal dirinya di bawah ini: 

Baca juga: Berpenghasilan Tertinggi Sejagat, Gaji Elon Musk Setara 65 CEO!

Seluruh desain Apple digarap oleh Jony Ive termasuk arsitektur Apple Park 

Jony Ive
Seluruh desain Apple digarap oleh Jony Ive termasuk arsitektur Apple Park, (Instagram/jonypaulive).

Jony telah memimpin tim desain Apple sejak tahun 1996. Dialah yang bertanggung jawab atas segala keputusan tentang desain, bentuk perangkat baru, proyek arsitektur Apple, mulai dari kantor pusat hingga toko-toko retail semua Jony yang urus. 

Kalau kamu melihat Iphone dari yang seri terdahulu sampai yang seri X saat ini, itu semua berkat kerja kerasnya bersama tim tentunya. Selain itu, Megahnya arsitektur kantor pusat Apple yaitu Apple Park juga dirinya yang mendesain. 

Ide barunya gak ada habis-habisnya ia dedikasikan buat perusahaan berlambang buah apel yang udah digigit. . 

Total ada lebih dari 5.000 inovasinya yang telah dipatenkan dan diakui oleh dunia. Beberapa desainnya sudah mendapatkan penghargaan desain kelas dunia. Ia juga diangkat sebagai Ksatria Kerajaan Inggris di bidang layanan desain pada tahun 2013 dan resmi mendapatkan gelar ‘Sir’. 

Baca juga: Mulai Bos Apple Sampai Bintang L.A Lakers, Ini Orang Sukses di Jurusan Kuliahnya!

Tinggalkan Apple karena ingin bangun perusahaan desain sendiri 

Jony Ive
Pria plontos ini merupakan tangan dingin kesuksesan desain produk Apple selama ini, (Instagram/@jonypaulive).

Bukan tanpa alasan pria berusia 52 tahun itu pergi meninggalkan perusahaan yang telah membesarkannya. Siapa saja kalau di posisi ia pasti bakal berpikir berkali-kali meninggalkan perusahaan dan jabatan yang begitu prestis. 

Tapi keinginannya buat hengkang telah kuat dan gak bisa diganggu gugat. Jony ingin mendirikan perusahaannya sendiri yang gak jauh-jauh dari dunia desain. 

Dikutip dari Fastcompany, Jony mendirikan perusahaan barunya bersama dengan rekan desainernya Marc Newson yang diberi nama LoveFrom. 

Baca juga: Kalahkan Dominasi Apple, Nilai Pasar Microsoft Menyentuh Rp 14 Kuadriliun

Akankah Apple kehilangan desain terbaiknya? 

Jony Ive
Ive saat memperkenalkan desain terakhirnya yang banyak mendapatkan kritikan lantaran mirip parutan keju, (Instagram/@jonypaulive).

Saat berita Jony hengkang, saham Apple sempat mengalami penurunan. Dikutip dari Medcom, saham Apple turun sebesar 1 persen yang sama saja senilai dengan US$ 9 miliar atau Rp 127 triliunan. 

Lantas, bagaimana dengan desain produk-produk Apple selanjutnya? Apakah bakal mengalami kemunduran yang drastis. Buat para pecinta Apple, kamu gak perlu khawatir, karena sejatinya posisi Jony pun bakal digantikan oleh anak buahnya langsung. 

Selain itu, perusahaan besutan Jony, LoveFrom juga bakal menjadi mitra bisnis Apple selanjutnya. Artinya, desain-desain produk Apple nantinya juga bakal ada sentuhan tangan jenius dari Jony Ive. 

Kekayaan Jony Ive Dikabarkan mencapai Rp 5,6 T! 

Jony Ive
Kekayaan pria plontos ini dikabarkan mencapai Rp 5,6 T, (Instagram/@jonypaulive).

Soal gaji, Apple selalu menutupi berapa uang yang mereka kerahkan buat membayar Jony Ive tiap bulannya. Saking misteriusnya, banyak yang menebak-nebak kalau besarannya sangat fantastis bahkan melebihi gaji CEO Tim Cook. 

Dikutip dari Monsters and Critics, kabarnya sih kekayaannya di tahun 2011 mencapai US$ 130 juta atau Rp 1,8 triliunan. Sedangkan di tahun 2019 ini, kekayaan Jony Ive diperkirakan mencapai US$ 400 juta atau Rp 5,6 triliunan! 

Nah, itu dia kisah perjalanan karier Jony Ive yang dikenal dengan tangan dinginnya mendesain produk Apple. Perjalanan kariernya di Apple emang cukup panjang ya, udah gitu otak jeniusnya membawa kesuksesan perusahaan besar yang didirikan oleh Steve Jobs. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)





Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here