Katanya Bisa Melirik & Mengikuti Mata Pengunjung. Emang Beneran?

0
1


Lukisan terkenal Mona Lisa karya Leonardo da Vinci sudah lama dianggap penuh misteri. Tak hanya senyuman Mona Lisa yang penuh arti, tapi juga tatapannya yang seolah-olah mengikuti kita. Berbagai spekulasi pun bermunculan sejak lama, namun kini para ilmuwan sudah punya bukti dari penelitian mereka lo.

Studi ini mengatakan bahwa sosok wanita yang terlihat di lukisan sebenarnya tidak melihat atau mengikuti siapapun yang berada di sana saat memandangnya. Tapi, banyak orang beranggapan tidak demikian karena merasakan efek magis tersebut. Hmm… Katanya sih gara-gara lukisan Leonardo da Vinci ini sangat detail goresannya, sehingga gambarnya seperti hidup. Jadi makin penasaran, simak dalam ulasan ini yuk!

Lukisan Mona Lisa sebenarnya bisa terlihat benar-benar menatap kita jika kita memang berdiri tepat lurus menghadapnya

misteri efek tatapan Mona Lisa via www.thetimes.co.uk

Sebuah penelitian dari Cluster of Excellence Cognitive Interaction Technology (CITEC) di Bielefeld University, Jerman mengungkapkan kalau lukisan Mona Lisa benar-benar dipandang oleh Mona Lisa saat berada tepat lurus di depannya. Sebagaimana dilansir dari Science Daily, itu terjadi jika kamu tepat berada di posisi 0 derajat dari lukisan tersebut.

Lalu saat bergeser ke samping, kamu bakal tetap merasakan efek tatapan Mona Lisa itu. Bedanya ketika kamu berubah posisi ke sudut lain, dijamin tak akan mengalami kejadian itu.

Hal ini diyakini karena Leonardo da Vinci membuat tiap goresannya sangat detail, sehingga membuat seolah-olah lukisan Mona Lisa hidup, seperti bergerak mengikuti arah tatapan kita kepadanya.

Kalau diperhatikan lagi, sebenarnya arah mata Mona Lisa melihat sedikit ke arah kanan, bukan lurus ke depan

jika lama-lama diperhatikan memang melihat ke kanan ya via journals.sagepub.com

Dua ilmuwan dari CITEC di Bielefeld University, Jerman, Gernot Horstmann dan Sebastian Loth, melakukan penelitian ke 24 peserta. Caranya yaitu para peserta diminta untuk melihat Mona Lisa lewat layar komputer dari posisi yang berjarak beberapa sentimeter di depan monitor.

Lalu, diletakkan penggaris lipat di antara peserta dan monitor, sehingga para peserta bisa melihat secara bebas tatapan Mona Lisa pada bagian mata, hidung, dan seluruh kepalanya. Gambarnya ditampilkan sebanyak 3 kali sambil diubah jarak pandang dari monitor. Hasil penelitiannya yaitu para peserta mengatakan kalau tatapan Mona Lisa tidak melihat lurus ke arah mereka, tapi malah agak ke kanan.

kira-kira seperti ini studi yang dilakukan via journals.sagepub.com

Lalu, kenapa masih banyak yang bilang kalau lukisan Mona Lisa beneran mengikuti arah orang yang melihatnya?

ini nih penelitinya via phys.org

Meski sudah dijelaskan lewat hasil penelitian ini, masih banyak orang yang percaya soal efek tatapan Mona Lisa. Namun menurut Gernot Horstmann, mungkin saja hal ini terjadi karena orang tersebut berkeinginan besar untuk dilihat Mona Lisa. Maka dari itu, mereka menganggap Mona Lisa menatap lurus ke arah mereka. Sugesti ya berarti~

Ternyata bukan hanya Mona Lisa saja lo, tapi lukisan-lukisan di Indonesia seperti yang ada di keraton Jogja, juga punya efek tatapan yang penuh misteri

Lukisan Prabu Siliwangi di Keraton Kasepuhan, Cirebon, di mana mata hingga kakinya seakan bergerak mengikuti arah mereka yang melihatnya via travel.kompas.com

Tak hanya Mona Lisa, tapi kabarnya Indonesia juga memiliki lukisan-lukisan yang mempunyai efek tatapan penuh misteri seperti Mona Lisa. Dua diantaranya yaitu lukisan Prabu Siliwangi di Keraton Kasepuhan, Cirebon, Jawa Barat dan lukisan Sri Sultan Hamengku Buwono VII di Keraton Yogyakarta. Banyak orang menganggap dua lukisan ini jika ditatap akan bergerak seperti mengikuti arah orang yang melihatnya. Tak hanya tatapan saja, tapi katanya seluruh tubuh pun ikut bergerak.

Katanya sih ini terjadi karena ilusi optik, tapi masyarakat banyak yang percaya kalau ini wujud Prabu Siliwangi dalam lukisan yang hidup di dalamnya untuk mengawasi pengunjung.

Hmm, kalau kamu percaya yang mana nih? Hehehe..

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya





Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here