Manajemen sumber daya manusia –Sekarang ini mungkin anda bertanya-tanya apakah yang mesti saya lakukan untuk bisa membuat perusahaan saya semakin berkembang dan memiliki target pencapaian yang lebih efektif dari sekarang dan juga pesaing-pesaing business saya.

Apakah harus menambah anggaran investasi untuk melakukan promosi dan strategi pemasaran? haruskah mengganti fasilitas yang digunakan untuk kepentingan operasional dengan teknologi yang lebih baru? Atau apakah saya  harus menjalin kerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang berkaitan untuk ekspansi? Namun Anda bisa melakukannya dengan berbagai macam hal dalam mengembangkan perusahaan, namun ada satu hal yang paling penting bagi kemajuan suatu bisnis merupakan sumber daya manusia (SDM) yang harus Anda miliki.

Banyak company-company bahkan perusahaan rintisan sekalipun menggelontorkan banyak anggaran untuk mengadakan proses rekrutmen karyawan untuk mendapatkan SDM  terbaik yang memiliki kemampuan dalam bisnis sehinggan bisa berkontribusi untuk perusahaan. Jika Anda sudah memiliki Sumber daya manusia yang bisa anda andalkan, maka tahap selanjutnya merupakan mengembangkan Sumber daya manusia  yang sudah anda rekrut supaya menjadi aset yang paling berharga untuk perusahaan anda.

Manajemen Sumber Daya Manusia

Seperti yang dikatakan oleh Elbert Hubbard, “Satu mesin bisa melakukan pekerjaan 50 orang biasa, namun tidak ada mesin yang bisa menggantikan kerja satu orang yang luar biasa”. Oleh sebab itu untuk mencetak para SDM yang efektif, sangat dibutuhkan manajemen sumber daya manusia di setiap perusahaan Anda.

Apa itu manajemen sumber daya manusia?

Sebelum kita kupas mengenai apa itu manajemen sumber daya manusia, sebelumnya Anda mesti paham dulu tentang pentingnya kualitas Sumber daya manusia dalam sebuah organisasi. SDM sering orang bilang  sebagai suatu aset yang paling berharga bahkan sangat penting yang bisa Anda miliki dalam sebuah organisasi, atau dalam hal ini adalah organisasi dalam perusahaan. Bagaimana tidak? Setiap sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan memiliki pengetahuan dalam bisnis, keahlian dan keterampilan, pengalaman yang sudah paham betul dalam organisasi, kemampuan berpikir yang kreatif dan moralitas yang dapat memotivasi orang lain untuk berkembang, itu semua tentunya sangat penting dan bisa dimanfaatkan untuk mencapai target yang maksimal dari perusahaan. Perlengkapan teknologi komputer yang canggih, jaringan koneksi internet yang cepat, ruangan kantor yang nyaman, atau peralatan manufaktur yang bekerja dengan efisien hanya merupakan sarana yang tanpa adanya Sumber daya manusia berkualitas tentu hanya menjadi alat yang mahal saja.

Karena peran pentingnya dalam sebuah perusahaan diperlukan sebuah ilmu yang bisa mengatur sumber daya manusia yang disebut sebagai manajemen sumber daya manusia. Menurut Melayu SP Hasibuan, manajemen SDM adalah ilmu dan seni yang mengatur peran hubungan antara yang terlibat dalam dunia kerja agar SDM bisa bekerja secara efektif dan efisien dalam rangka untuk mencapai tujuan perusahaan dan pekerja secara khusus serta masyarakat secara umumnya. Sedangkan menurut Gary Dessler, manajemen SDM adalah kebijakan dan juga latihan yang memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan akan pekerja misalnya seperti rekrutmen, seleksi, pelatihan, kompensasi, dan aspek SDM lainnya.

Masih banyak lagi pendapat ahli lainnya tentang apa itu manajemen sumber daya manusia. Pada intinya manajemen sumber daya manusia merupakan sebuah fungsi yang terdapat di dalam sebuah perusahaan yang terkonsentrasi pada proses perekrutan karyawan, mengelola, dan mengarahkan sumber daya manusia yang ada di dalamnya. Jika dijalankan secara efektif, manajemen SDM bisa memberikan kontribusi yang sangat penting bagi operasional perusahaan terutama dalam tujuannya untuk mencapai target tujuan perusahaan. Anda ingin perusahaan bisa mencapai target yang lebih efektif dan efisien? Maka mulailah memperkuat manajemen sumber daya manusia yang ada di perusahaan Anda.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Para Ahli

Beberapa ahli di bidang ilmu manajemen pernah menjelaskan tentang definisi manajemen SDM, diantaranya adalah:

1. Anwar Prabu Mangkunegara

Menurut Anwar Prabu Mangkunegara manajemen sumber daya manusia adalah suatu perencanaan pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan, terhadap pengadaan, pengembangan, pemberian remunerasi, pengintegrasian, pemeliharaan, dan pemisahan tenaga kerja dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

2. Handoko

Menurut Handoko pengertian manajemen sumber daya manusia adalah kegiatan seleksi, perekrutan, pengembangan, pemeliharaan, dan penggunaan sumber daya manusia dalam rangka untuk mencapai tujuan individu maupun organisasi.

3. Henry Simamora

Menurut Henry Simamora definisi manajemen sumber daya manusia adalah pendayagunaan, pengembangan, penilaian, pemberian remunerasi, serta pengelolaan individu anggota kelompok pekerja.

4. Melayu SP Hasibuan

Menurut Melayu Hasibuan, pengertian manajemen sumber daya manusia adalah ilmu dan seni mengatur peran hubungan kerja agar dapat secara efektif dan efisien dalam rangka untuk mencapai tujuan perusahaan, pekerja, dan masyarakat.

5. Hadari Nawawi

Menurut Hadari Nawawi pengertian manajemen sumber daya manusia adalah proses pendayagunaan manusia sebagai tenaga kerja secara manusiawi agar potensi fisik dan psikis yang dimiliki berfungsi maksimal bagi tercapainya tujuan perusahaan.

6. Gary Dessler

Menurut Gary Dessler pengertian manajemen sumber daya manusia adalah kebijakan dan latihan untuk memenuhi kebutuhan pekerja atau aspek-aspek yang terdapat dalam SDM, seperti posisi manajemen, rekrutmen, seleksi, pelatihan, kompensasi, dan penilaian prestasi kerja karyawan.

7. Mutiara S. Panggabean

Menurut Mutiara S. Panggabean pengertian manajemen SDM adalah suatu proses manajemen yang terdiri dari pengorganisasian, perencanaan, kepemimpinan dan pengendalian kegiatan yang berhubungan dengan analisis pekerjaan, pengadaan, evaluasi pekerjaan, pengembangan, promosi, kompensasi dan pemutusan hubungan kerja dalam rangka mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan.

8. Mary Parker Follett

Menurut Mary Parker Follett pengertian manajemen sumber daya manusia adalah seni dalam mencapai tujuan-tujuan organisasi melalui pengaturan orang-orang lain untuk melaksanakan berbagai tugas yang diperlukan.

9. Achmad S. Ruky

Menurut Achmad S. Ruky pengertian manajemen sumber daya manusia adalah aplikasi yang lebih tepat pada efisiensi yang sama dalam pemanfaatan, akuisisi, pengembangan dan pemeliharaan sumber daya manusia yang dimiliki oleh organisasi secara efektif untuk mencapai tingkat optimal dari pemanfaatan sumber daya manusia oleh organisasi dalam mencapai tujuannya.

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

1.   Staffing (Mengatur Keanggotaan)

Fungsi fungsi manajemen sumber daya manusia adalah staffing atau mengatur keanggotaan. Dalam fungsi ini ada tiga kegiatan penting yang termasuk yaitu perencanaanpenarikan, juga proses seleksi.Contohnya dapat diambil dalam kegiatan utama yang dilakukan oleh dapartemen sumber daya manusia.

Semakin banyaknya perusahaan yang berdiri, semakin banyak pula sumber daya manusia yang dibutuhkan. Inilah yang membuat manajemen sumber daya manusia berfungsi di mana memiliki tugas untuk menyediakan, menyaring, memilih, dan semacamnya.

Fungsi manajemen sumber daya manusia ini berperan penting untuk menentukan kualitas sumber daya manusia dalam perusahaan-perusahaan.

Agar mendapatkan pekerja yang sesuai kriteria, dapartemen sumber daya manusia biasanya melakukan serangkaian kegiatan seperti wawancara, tes keahlian, dan menyelidiki latar belakang orang tersebut.

2. Evaluasi

Manajemen sumber daya manusia mempunyai fungsi lain yaitu evaluasi. Evaluasi di sini termasuk dalam melakukan pelatihan juga penilaian. Dapartemen sumber daya manusia wajib bertanggung jawab akan pengadaan sumber daya manusia dalam perusahaan tersebut.

Biasanya mereka yang akan memberi pelatihan terhadap para calon dan memastikan para calon mendapat evaluasi atau penilaian terhadap performance mereka dari seluruh bagian perusahaan atau pihak-pihak terkait.

Selain terhadap calon, dapartemen juga harus melatih para manajer untuk membuat standar kinerja yang dinilai baik dan membuat sebuah penilaian dengan akurat.

3. Penggantian dan Kepuasan

Masuk ke fungsi berikutnya yaitu penggantian atau kepuasan. Atau juga dapat kita ucap sebagai ‘reward’. Fungsi manajemen sumber daya manusia ini berurusan dengan penggatian akan kinerja yang telah dilakukan oleh para sumber daya manusia di mana berhubungan juga dengan kepuasan yang diterima perusahaan.

Dapartemen sumber daya manusia memiliki tugas untuk membuat perkembangan atas struktur gaji yang baik, sementara pihak manajer memiliki tugas berupa pemberian gaji tersebut. Kedua pihak yang meliputi manajemen sumber daya manusia ini harus melakukan koordinasi yang baik.

Mereka harus memastikan pemberian gaji beserta hal yang berkaitan meliputi gaji pokok, bonus, insentif, asuransi, jatah cuti, dan lainnya terhadap SDM sesuai dengan keputusan yang dibuat juga sesuai dengan hukum (peraturan standar seperti UMR).

4. Pelatihan dan Penasehat

Manajemen sumber daya manusia juga memiliki fungsi sebagai pelatih sekaligus penasehat. Pihak dapartemen bertanggung jawab untuk membantu pihak manajer dalam membuat program-program pelatihan baik untuk calon karyawan, karyawan baru, atau juga karyawan lama demi menghasilkan kinerja yang lebih berkualitas.

Selain melatih juga menjadi penaehat yang akan memberi masukan ke pada pihak manajer, serta mencarikan solusi bila terjadi kasus atau masalah selama proses pengembangan.

5. Membangun Relasi

Fungsi selanjutnya dalah membangun relasi. Manajemen sumber daya manusia berperan penting juga memiliki tugas untuk membangun relaasi seperti melakukan negosiasi dengan pihak perserikatan pekerja.

Dapartemen harus berperan aktif berupa mencari jalan persetujuan antara perusahaan dengan serikat pekerja, juga membantu untuk menghindari datangnya keluhan.

Di sini dapartemen juga harus berusaha agar tidak terjadi tindakan tidak sehat yang dapat dilakukan oleh para karyawan seperti mogok bekerja dan demonstrasi.

Pada dasarnya, kita dapat menyimpulkan fungsi yang satu ini adalah bahwa dapartemen sebagai menejemen sumber daya manusia merupakan ikatan anatara sumber daya manusia yaitu karyawan dengan pihak serikat sumber daya manusia atau serikat pekerja.

6. Menciptakan Kondisi Aman dan Sehat

Manajemen sumber daya manusia mempunya fungsi yang keenam yaitu sebagai pencipta kondisi yang aman dan sehat. Aman dan sehat maksudnya menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan beresiko seperti kecelakaan yang dialami perkerja.

Dapartemen bertanggung jawab untuk melakukan pelatihan khusus seperti bagaimana keselamatan kerja, memperbaiki kondisi yang dapat membahayakan pekerja, dan membuat program kesehatan untuk pekerja. Selain itu wajib juga untuk selalu membuat laporan setiap terjadi kecelakaan kerja.

7. Mendalami Masalah

Terakhir, pihak dapartmen sebagai menejemen sumber daya manusia memiliki fungsi sebagai pencari solusi dari masalah-masalah yang terjadi atau personnel research.

Contoh masalah yang sering terjadi di antaranya para pekerja atau karyawan tidak hadir dan terlambat datang terlalu sering. Mereka harus mendalami masalah tersebut dan memikirkan apakah kebijakan yang selama ini ditetapkan sudah tepat atau kurang.

Yang dapat dilakukan tentu mengumpulkan berbagai informasi yang terkait dan menganalisisnya.

Dari ulasan mengenai tujuh fungsi manajemen sumber daya manusia di atas, dapat kita simpulkan bahwa manajemen sumber daya manusia berupa dapartemen khusus yang memang memiliki peran penting dalam merekrut pekerja dalam sebuah perusahaan.

Bukan hanya merekrut, tetapi juga bertanggung jawab atas segala macam hal yang berkaitan dengan pekerja juga membantu pihak manajer perusahaan untuk menghasilkan pekerjaan yang bekrualitas dan sesuai harapan dari para pekerja yang direkrut tersebut.

Kini hampir semua perusahaan besar selalu menggunakan jasa dapartemen sumber daya manusia.

Karena fungsi sumber daya manusia bagi perusahaan sangatlah besar dan tanpanya perusahaan tidak akan dapat berjalan.

Maka dari itu standarisasi dalam pemilihan pekerja yang dilakukan para dapartemen juga kian ditingkatkan untuk menaiki kualitas perusahaan. Begitu juga dengan aneka program pelatihan yang dibuat.

8. Pengintegrasian

Maksudnya dari integrasi di sini ialah menyatukan kepentingan perusahaan dengan kebutuhan karyawan. Kalau integrasinya bagus tentu kerjasama akan lebih menguntungkan lagi untuk kedua pihak.

9. Pemeliharaan

Karyawan merupakan sumber daya yang sangat penting, dalam pemeliharaan ini ditujukan untuk meningkatkan kondisi fisik, mental maupun loyalitas karyawan supaya kerjasama semakin terjaga.

10. Pemberhentian

Yang ini biasa disebut PHK atau Pemutusan Hubungan Kerja. Seperti namany, untuk memutus atau mengakhiri kontrak atau hubungan kerja antar perusahaan dengan karyawan yang biasanya disebabkan oleh suatu hal yang menyebabkan hak dan kewajiban antar perusahaan dengan karyawan berakhir.

Semoga ulasan mengenai fungsi manajemen sumber daya manusia beserta ulasannya ini bermanfaat dan menambah informasi buat kamu agar lebih mendalami dan memahami masalah dunia kerja.

Tujuan manajemen sumber daya manusia pada sebuah perusahaan

Kini Anda sudah tahu mengenai sumber daya manusia yang tidak hanya sekedar merekrut personil atau karyawan dengan latar belakang yang baik serta karakter yang positif. Ada banyak aspek yang termasuk dalam manajemen sumber daya manusia terutama setelah personel-personel tersebut sudah menjadi bagian dari organisasi Anda ini. Mengenai pentingnya memahami apa itu  manajemen sumber daya manusia yang lebih komprehensif, sebenarnya apa sih tujuannya secara khusus? Menurut Barry Cushway, seorang konsultan di bidang sumber daya manusia, tujuan manajemen SDM pada sebuah perusahaan adalah untuk:

1.   Membuat kebijakan dan juga pertimbangan

Manajemen SDM memiliki tujuan untuk memberikan motivasi kepada para personel, sehingga bagian perusahaan yang mengatur mengenai manajemen SDM harus memiliki kebijakan yang berhubungan dengan meningkatkan motivasi serta moral para pekerja agar selalu tetap produktif.

2.   Membantu perusahaan untuk mencapai tujuan

Perusahaan membuat berbagai macam kebijakan untuk mencapai targetnya, Anda pun  juga pastinya menerapkan berbagai macam kebijakan maupun aturan dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Manajemen SDM berfungsi untuk menerapkan kebijakan tersebut kepada karyawan namun juga memperhatikan dampak yang terjadi dari kebijakan tersebut terhadap personel.

3.   Memberikan dukungan pada perusahaan

Perusahaan perlu didukung dengan aset yang bisa memiliki produktivitas tinggi, serta lingkungan kerja yang kondusif. Maka dari itu tujuan manajemen sumber daya manusia adalah untuk memastikan perusahaan memiliki dukungan dari kualitas sumber daya manusia yang berkualitas, memiliki etos kerja yang tinggi, loyal dengan perusahaan, dan memiliki motivasi untuk bekerja keras serta berinovasi dalam mengembangkan produk perusahaan.

4.   Penyedia solusi masalah

Beberapa masalah yang bisa terjadi di kalangan personel perusahaan misalnya merasa jenuh dengan pekerjaan, merasa tidak berkembang, bermasalah dengan atasan maupun rekan kerja, dan sebagainya. Manajemen sumber daya manusia yang diterapkan secara efektif bisa membantu perusahaan untuk menyelesaikan masalah di kalangan SDM.

Salah satu bentuk implementasi dari tujuan manajemen sumber daya manusia sebagai penyelesaian masalah adalah dengan memberikan pelatihan bisnis kepada personel karyawan. Pelatihan bisnis tidak hanya meliputi mengasah keterampilan serta keahlian teknis namun juga bisa bermanfaat untuk membangun loyalitas, trik-trik untuk lebih mudah mengajak rekan kerja bekerja sama dan kompak, bagaimana caranya menghadapi atasan dengan berbagai macam karakter, serta bagaimana caranya mengatur pola pikir yang sehat jika ingin berkembang dalam karirnya. Pelatihan bisnis yang dilakukan oleh profesional merupakan bentuk dari manajemen sumber daya manusia yang nyata. Demikian adalah pembahasan mengenai apa itu manajemen sumber daya manusia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here