Mengembalikan Motivasi Kerja yang Hilang dengan 6 Cara Mudah Ini

0
2


Motivasi kerja adalah salah satu pemantik untuk bisa terus bekerja tanpa lelah. Entah itu datangnya dari diri sendiri maupun dari orang lain. 

Tapi terkadang, motivasi itu suka hilang begitu saja. Kalau motivasi hilang, bingung deh gak ada semangat kerja. Ada beberapa hal yang menjadi penyebab motivasi lenyap, di antaranya adalah terlalu sibuk bekerja dengan tugas yang gak habis-habis. 

Gak cuma itu, kurangnya apresiasi dari tempat bekerja, dan yang paling sering terjadi adalah berkaitan dengan kondisi psikologis dan emosional diri sendiri. 

Dampaknya, pekerjaanmu jadi banyak yang terbengkalai, performa juga bakal menurun. Alhasil penilaian terhadap dirimu juga akan jelek, hingga akhirnya terjadi pemutusan hubungan kerja. 

Agar hal itu gak terjadi sama kamu, berikut ini kita kasih beberapa tips untuk mengembalikan motivasi kerja dan bisa mencapai kesuksesan.

Baca juga: 5 Kisah Pengusaha UKM yang Sukses Memulai Bisnis dari Nol

1. Jangan terlalu stres menghadapi setiap tugas, santai aja!

motivasi kerja
Hindari stress merupakan salah satu cara buat membangun semangat kerja, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mendapatkan pekerjaan yang sulit memang kadang bikin bete, apalagi kalau kerjaan gak ada habis-habisnya, rasanya pengin cepet-cepet jam pulang kantor aja. Hal tersebut memang bikin motivasi kerja hilang dengan seketika. 

Tapi, kamu bisa kok mengatasinya dengan cara mengelabui pikiranmu sendiri. Susah rasanya untuk berpikiran positif di tengah gempuran tugas-tugas yang gak ada habisnya, tapi cobalah sekali-kali untuk berpikiran luas dengan perspektif positif. 

Yang memiliki beban pekerjaan seperti ini gak cuma kamu doang, tapi hampir seluruh pegawai juga memiliki tugas yang sama beratnya dengan kamu bahkan lebih berat lagi. 

Jadi, jangan menganggapnya terlalu membebani hidupmu, santai saja, kerjakan secara pelan-pelan nanti juga lama-lama kelar sendiri. 

Baca juga: Kumpulan Video dari TED Talk Ini Cocok buat Kamu yang Pengin Sukses Berkarier

2. Buatlah tujuan kecil dan berusaha mencapainya 

motivasi kerja
Bikin tujuan kecil buat mencapainya. Di situ kamu bakal menemukan kenikmatan dalam bekerja, (Ilustrasi/Shutterstock).

Salah satu cara untuk mengembalikan motivasi kerja adalah dengan memiliki tujuan. Pengin naik pangkat dalam waktu 1 tahun, naik gaji dua kali lipat dalam waktu yang singkat? Mungkin tujuan tersebut sedikit susah dicapai karena terlalu muluk-muluk. Tapi cobalah mulai dari tujuan-tujuan kecil.

Misalnya kamu punya sebuah proyek besar sulit rasanya kalau menyelesaikan dalam waktu singkat dan seorang diri. Caranya adalah, pecah proyek tersebut menjadi tujuan-tujuan kecil sehingga kamu akan merasa ringan menjalankannya. 

Misalnya, kamu diperintahkan untuk menjual 10 produk mobil per bulannya. Kalau kamu berpikiran itu susah, coba diperkecil targetnya menjadi 3 produk per minggu. Jadi terasa lebih ringan bukan? 

Baca juga: Sambut Tahun Babi Tanah, 6 Zodiak Ini Bakal Sukses Berkarier di 2019

3. Liburan salah satu motivasi kerja

motivasi kerja
Liburan salah satu cara juga nih buat membangkitkan semangat kamu bekerja, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kalau motivasi kerja hilang gara-gara terlalu lelah bekerja, kesibukan yang gak ada henti-hentinya, salah satu cara mengembalikannya dengan liburan. 

Ambil cuti di hari Jumat atau Senin biar bisa liburan tiga hari. Liburan ke tempat-tempat wisata terdekat atau keluar kota yang penting bisa melepas penat setelah semingguan bekerja. Saat motivasi kembali tentu produktivitas mu juga bakal meningkat. 

4.  Beri penghargaan ke diri sendiri

motivasi kerja
Memberikan reward ke diri sendiri gak ada salahnya lho buat membangkitkan semangat bekerja, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kamu bisa memberikan penghargaan buat diri sendiri, tapi syaratnya harus menyelesaikan setiap tujuan yang telah dibuat. Penghargaannya juga bisa berupa barang, atau apapun yang bisa membuat kamu senang. 

Misalnya kamu menargetkan bisa menjual 10 produk dalam waktu satu bulan. Apabila tujuan tersebut tercapai, kamu berencana untuk membeli baju baru. Supaya lebih menantang, kamu harus meyakinkan diri kalau tidak mencapai target tidak akan membelinya. 

Dengan cara seperti itu, setiap harinya kamu bakal memiliki motivasi kerja untuk lebih giat lagi. 

5. Pikirkan masa depan 

motivasi kerja
Memikirkan masa depan juga salah satu cara membangkitkan semangat bekerja, (Ilustrasi/Shutterstock).

Salah satu tujuan dari bekerja adalah buat mengisi tabungan di masa depan. Seandainya kamu malas-malasan gara-gara motivasi kerja hilang, bayangkan gimana nantinya masa depanmu. 

Pikirkanlah tentang hal yang baik-baik di masa depanmu, misalnya kamu membayangkan memiliki hunian di komplek elite buat berapa tahun ke depan, atau memimpikan liburan ke luar negeri saat usia 40 tahunan. Dengan memiliki tujuan positif di masa depan, dijamin kamu bakal semangat kerja untuk mengejarnya!

6. Ingat cicilan! 

motivasi kerja
Salah satu cara membangkitkan semangat kerja adalah dengan memikirkan cicilan nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Cara terjitu supaya motivasi kerja kembali yaitu dengan cara mengingat-ingat tanggungan. Misalnya ada cicilan yang belum bisa dilunasi beberapa tahun ke depan. Ya mau gak mau kamu harus semangat kerja. Ada cicilan rumah, cicilan motor, cicilan mobil, dan lain-lainnya.

Salah satu dampak terparah kalau kamu gak punya motivasi dalam bekerja, peformamu menurun, penilaian jelek, dan kamu berpotensi dipecat. Kalau udah dipecat, bingung deh gimana bayar cicilannya, karena gak ada pemasukan.  

Kalau perlu, semangat kejar target bahkan melebihinya biar dapat bonus dari kantor, kan lumayan bisa buat nambah-nambah bayar cicilan. 

Itulah enam cara mengembalikan motivasi kerja agar karier mu tetap aman. Bersyukur banget kalau misalnya motivasi mu bisa membawa ke kesuksesan, misal naik gaji, naik pangkat, dan dapat bonus. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)





Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here