Mindset Entrepreneur | Mungkin anda pernah lihat, ada banyak pengusaha yang telah gagal bahkan menyerah ditengah jalan dengan cepat pada setiap bisnis yang lagi dijalankannya. Mungkin Anda juga pernah merasakannya? Ingin menyerah begitu saja dan mengaku kualahan pada keadaan dan kemudian memilih untuk menjalani kehidupan layaknya kebanyakan orang?

Namun hal sangat wajar jika Anda berpikir demikian, karena memang bukan hal yang mudah untuk menjadi entrepreneur bahkan tidak semudah seperti motivator katakan. Untuk memulainya memang bisa dibilang mudah, tapi untuk bertahan lama sangat dibutuhkan banyak pengorbanan. Dan hal utama yang menyebabkan kesuksesan seorang entrepreneur merupakan dari dalam diri adalah berupa “mindset” atau pola pikir yang banyak ide-ide kreatif inovatif.

Apa Itu Mindset Entrepreneur ?

Mindset entrepreneur adalah ukuran kekuatan seseorang entrepreneur (pengusaha) dalam memegang kendali pada bisnis yang sedang dijalankan. Anda memiliki kewajiban untuk membangun sebuah mindset atau pola pikir Anda supaya bisnis Anda bisa bertahan dan berkembang dengan maksimal.

Beberapa Mindset Entrepreneur

Berikut ini saya akan membagikan beberapa mindset yang wajib Anda miliki sebagai entrepreneur.

1. Memiliki Visi yang Besar

Visi adalah tujuan dan cita-cita setiap perusahaan. Semakin besar visi yang dimiliki, semakin besar pula tantangan yang akan dihadapi untuk mencapai semua visi tersebut.

Dari sini, Anda membutuhkan strategi yang matang sebagai persiapan Anda menghadapi tantangan yang mungkin terjadi kedepannya.Memang bukan hal yang mudah untuk mencapai dan meraih visi yang besar tersebut karena semuanya harus tetap dipertanggungjawabkan.

Namun sisi baiknya adalah Anda akan sering melatih mindset anda untuk berpikir kritis. Jika Anda sudah terbiasa dengan ini, Anda akan lebih mudah menghadapi dan menyelesaikan kejadian-kejadian tak terduga selanjutnya di bisnis Anda.

2. Berani Ambil Resiko

Ini yang harus Anda tanamakan dalam pikiran Anda. Seorang entrepreneur adalah seorang yang berani mengambil resiko dengan berpikir optimis didepan bahwa hal tersebut pasti bisa dicapai, tentunya bukan optimis buta, perlu Anda pelajari dulu resikonya dan strategi mencapainya.

Kenapa orang sukses berbisnis tidak banyak? Karena memang sedikit orang yang berani mengambil resiko, Anda harus masuk ke dalamnya.

3. Bagi Tugas Anda dengan Team

Bagaimanapun, Anda tidak mungkin bekerja sendirian. Harus selalu ada yang bisa mem-backup Anda. Bimbing team Anda untuk bisa bekerja sesuai dengan planning Anda. Dan berikan suasana kerja yang nyaman untuk semua anggota team Anda.

Salah satunya adalah dengan memberikan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan mereka. Sehingga team Anda akan bekerja dengan maksimal. Dengan begitu, Anda bisa fokus pada tujuan-tujuan perusahaan yang akan dicapai dan menyiapkan sebuah stategi baru untuk dijalankan kedepannya

4. Mencari Peluang Baru

Untuk tetap menjaga roda bisnis berjalan dengan lancar, mindset selalu mencari peluang baru adalah mindset yang perlu dimiliki oleh setiap entrepreneur. Banyak orang yang membatasi kemampuan dan potensi diri mereka sendiri dengan hanya berhenti pada satu titik saja. Seorang entrepreneur perlu untuk menjadi peka terhadap peluang-peluang yang datang lalu mengambil peluang itu jika memang sudah direncanakan dengan matang.

Entrepreneur dengan demikian tidak duduk manis dan pasrah menunggu peluang itu datang, mereka secara aktif menjalin hubungan dengan banyak pihak untuk mencari peluang-peluang ladang emas yang bisa mereka garap. Itu sebabnya orang yang sukses berbisnis rata-rata memiliki banyak sumber income, bukan hanya dari satu kran bisnis saja. Karena mereka jeli dalam melihat peluang.

5. Cintai Bisnis Anda

Semua entrepreneur pasti sangat mencintai bisnis yang sedang dijalaninya. Dengan mencintainya, Anda akan lebih bersemangat untuk mencapai goal-goal dengan lebih baik.

Anda juga akan lebih bersemangat untuk memecahkan setiap masalah yang ada di depan Anda, baik masalah yang datang dari client atau dari dalam bisnis Anda sendiri.Cintai bisnis Anda apapun yang terjadi dan pastikan bahwa bisnis Anda dapat bertahan tanpa Anda.

Maksudnya adalah pastikan bisnis yang sudah Anda bangun sebelumnya bisa terus berjalan dengan waktu pengawasan Anda yang lebih sedikit. Misalnya, Anda memutuskan untuk sejenak berlibur bersama keluarga atau sekedar mencari inspirasi sehingga Anda harus meninggalkan perusahaan untuk sementara waktu.

Atau waktu Anda akan jadi lebih sedikit untuk mengawasi bisnis tersebut karena Anda sudah punya rencana untuk menambah bisnis baru. Dengan Anda mencintai bisnis Anda, Anda akan berusaha semaksimal mungkin untuk mempertahankan dan menjadikan bisnis Anda lebih baik lagi.

Hal tersebut akan memancing Anda untuk berpikir lebih kreatif dan termotivasi untuk mengembangkan mindset entrepreneur Anda.

6. Belajar Terus Menerus

Salah satu penyebab seorang entrepreneur cepat gagal adalah merasa puas akan ilmu yang dimiliki saat ini sehingga dia tidak mau belajar dan perlahan tanpa disadari terkejar dengan yang lain dan kemudian tertinggal lalu mati.

Seorang entrepreneur sukses adalah seorang pembelajar sejati. Dia selalu belajar untuk upgrade terus isi kepalanya. Karena mereka sadar investasi terbaik adalah leher ke atas, bukan pada penampilan. Itu sebabnya Steve Jobs pernah berkata “stay hungry stay foolish” agar kita tidak berpuas diri pada ilmu yang telah dimiliki.

7. Sales

Pemikiran dasar yang harus dimiliki oleh seorang entrepreneur adalah dengan membuat produk Anda disukai oleh para customer Anda.

Apabila produk Anda disukai oleh para customer, produk Anda akan diingat oleh mereka. Disinilah tantangan yang sebenarnya. Anda harus berpikir bagaimana Anda bisa membuat produk-produk Anda disukai dan selalu diingat oleh para customer.

Ini juga akan mempengaruhi tingkat penjualan dan bisa membuat perusahaan anda memperoleh untung yang lebih dari sebelumnya. Contohnya, membuat kemasan baru yang unik untuk produk Anda. Sehingga produk Anda akan lebih menarik perhatian dibandingkan produk pesaing.

Selanjutnya adalah dengarkan pendapat mereka tentang produk Anda entah itu sebuah keluhan atau pujian. Jadikan keluhan atau pujian yang Anda dapat dari customer sebagai bahan untuk evaluasi bahkan inspirasi untuk bisnis Anda.

Intinya adalah memberikan solusi atas masalah-masalah yang dihadapi para client Anda. Masalah yang besar dari client, bisa Anda jadikan visi. Carilah misi untuk mencapai visi tersebut.

8. Mempertimbangkan Budget Perusahaan

Mengejar dan mewujudkan sebuah visi memang penting. Tapi, yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah pengeluaran Anda selama mewujudkan visi tersebut. Yang sebaiknya Anda pikirkan adalah bagaimana mencari jalan tengah antara penghematan budget dan visi yang sedang Anda kejar.

Karena menghemat pengeluaran perusahaan Anda juga tidak kalah pentingnya. Dengan menghemat budget, bukan berarti Anda ‘pelit’ dalam pengembangan perusahaan. Contohnya, apabila Anda membutuhkan sesuatu untuk melengkapi sistem kerja perusahaan, Anda bisa mencari barang-barang atau sesuatu yang bisa dijadikan alternatif sebagai pengganti.

9. Berkomunikasi Dengan Baik

Seorang entrepreneur memang tidak dapat berdiri sendiri ketika menjalankan usahanya. Anda akan selalu terhubung dengan pihak lain yang menjadi rekan bisnis ataupun konsumen anda. Kadang juga, hanya dengan bermodalkan hubungan yang baik itu anda bisa mendapatkan peluang-peluang bisnis yang luar biasa. Lalu bagaimana cara menjalin hubungan yang baik dengan semua orang? Tentu pertama-tama yang harus anda latih adalah berkomunikasi dengan baik kepada semua orang.

Hal ini bisa ditunjukkan dengan berbicara menggunakan tutur kata yang sopan (bahkan misalnya ketika anda sedang menolak sesuatu), gestur dan gerak tubuh yang menghormati, menepati janji, datang tepat waktu, hingga jujur untuk mengutarakan suatu hal. Bayangkan bahwa setiap orang yang anda temui adalah investasi hubungan anda yang barangkali akan mendatangkan peluang-peluang bagi anda di masa yang akan datang.

Itulah beberapa pembahasan mengenai cara yang mungkin bisa membantu dalam mengembangkan mindset entrepreneur Anda.

Sampai jumpa di artikel menarik kami lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here