Usaha Yang Menguntungkan di Desa | Banyak sekali orang yang rela meninggalkan kampung halamannya untuk pergi merantau ke kota besar dengan harapan mendapat penghidupan yang lebih baik. Hal tersebut didasari bahwa dengan adanya peluang di kota lebih besar daripada peluang di desa, baik bekerja maupun membuka usaha.

Peluang usaha Sampingan yang menguntungkan di desa saat ini jauh lebih banyak pilihannya dibanding tempo dulu. Perkembangan teknologi informasi yang canggih adalah salah satu yang mendorong situasi ini. Sehingga kini lebih banyak orang memiliki kesempatan membangun usahaya sendiri alias menjadi wirausahawan.

Sehingga desa-desa semakin sepi dari warga desa yang produktif dan tidak mengalami kemajuan karena anak mudanya banyak yang pergi merantau ke kota. Padahal jika mereka mau kreatif dan inovatif, ada banyak sekali peluang usaha yang bisa dilakukan di desa. Dengan perkembangan teknologi internet yang semakin pesat yang merambah ke desa/ perkampungan, anda bisa mudah mencari informasi dan membuka usaha.

Usaha Kecil Yang Menguntungkan Di Desa

Jika anda tinggal di desa dan belum memiliki modal yang besar, jangan berkecil hati dulu karena ada banyak pilihan usaha rumahan yang bisa anda lakukan. Berikut ini informasi mengenai peluang usaha yang menguntungkan di desa yang bisa anda jadikan inspirasi:

1Usaha Ternak Ayam

Usaha Ternak ayam merupakan usaha menguntungkan dan menjanjikan yang cocok sekali dijalankan di desa, biasanya rumah-rumah di desa memiliki halaman rumah yang luas sehingga kita tinggal membuat kandang sederhana di sekitar rumah untuk memelihara ayam. Tidak usah banyak-banyak, cukup 2-3 ekor ayam sebagai permulaan. Dengan perawatan yang baik maka lama kelamaan akan berkembang sehingga menjadi sumber penghasilan.

2Bisnis di Desa dengan Beternak Kambing

Budidaya usaha ternak kambing Adalah peluang usaha yang menguntungkan di desa berkembang yang sangat bagus dan menjanjikan. Banyak orang yang meremehkan usaha budidaya ternak kambing karena tidak tahu potensi bisnisnya. Memang usaha ini terkesan ‘ndeso’ tapi faktanya bisnis ini sangat menguntungkan untuk jangka panjang.

Usaha Ternak kambing sangat jarang sakit sehingga perawatannya cenderung lebih mudah. Bila dikelola dengan baik, usaha ternak kambing ini cepat balik modal lho.

3Usaha Kuliner

Usaha kuliner merupakan usaha yang tidak ada habisnya dan akan terus menerus ada selama manusia eksis di dunia. Walaupun daya beli masyarakat desa cenderung lebih rendah daripada masyarakat kota, tapi tidak ada salahnya jika anda ingin mencoba jenis usaha satu ini.

Baca Juga : Strategi Pemasaran Usaha Kuliner

Sebelum anda membuka usaha kuliner di desa, anda harus melakukan persiapan terlebih dahulu sebelum memulai usaha kuliner tersebut, seperti makanan apa yang akan anda jual, permintaan pasar di sekitar anda, daya beli masyarakat dan lain sebagainya.

Beberapa produk kuliner yang bisa anda jual di desa antara lain adalah berjualan kue dengan sistem PO atau Pre- Order (Pemesanan) jual gorengan, membuka warung makan sehingga ada nilai lebihnya antara warung anda dan warung orang lain.

4Usaha Bimbingan Belajar

Selain sekolah, para siswa biasanya mengikuti bimbel untuk memperdalam ilmu pengetahuannya, sangat mudah sekali menemukan tempat bimbel di kota, namun beda halnya dengan di desa yang masih cukup sulit ditemukan sehingga ini dapat menjadi peluang usaha untuk anda di bidang pendidikan meskipun mungkin yang berminat bimbel tidak sebanyak di kota.

Usaha Bimbingan belajar ini tidak harus langsung besar, anda bisa memulainya dari skala rumahan dulu, dimana cukup menyediakan rumah anda sebagai tempat bimbel dan anda serta teman-teman yang memiliki kemampuan sebagai tenaga pengajarnya.

5Usaha Pengepul Hasil Ternak Dan Pertanian

Salah satu kendala para petani dan peternak di daerah pedesaan adalah masalah distribusi dan penjualan hasil ternak atau kebun mereka ke daerah kota lain, ketidakmampuan menjual dan minimnya fasilitas transportasi menjadi salah satu kendala bagi para peternak dan petani.

Tentu saja hal ini dapat menjadi peluang bagi anda yang ahli melakukan lobi dan kesepakaran. Anda dapat menghubungkan petani dengan pedagang yang akan menjualkan barang dan mendapat keuntungan dari selisih harga yang dipatok keduanya. Dalam skala yang besar, anda juga dapat mencarikan pedagang di kota, sehingga hasil ternak atau kebun tersebut dapat didistribusikan lebih luas lagi.

Demikianlah peluang usaha yang menguntungkan di desa sebagai inspirasi bagi anda yang sedang bingung mencari peluang usaha di desa yang menjanjikan. Terima kasih, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here