Apa Itu Pemasaran Online

Pemasaran online artinya pemasaran memalui internet. Di internet, anda bisa menawarkan apapun kepada orang lain agar produk anda dibeli. Sekarang siapa saja bisa dan boleh memasarkan apapun melalui internet. Ada banyak sekali cara pemasaran melalui internet, sehingga anda bisa memilih menggunakan cara yang paling mudah dan yang paling murah. Tak perlu membayangkan bahwa pemasaran online adalah cara yang rumit. Bayangkan saja bahwa internet ibarat sebuah papan pengumuman dimana semua orang boleh menulis apapun disana untuk jualan.

Media Pemasaran Online

Media Pemasaran online adalah tempat anda meletakkan informasi tentang produk yang anda jual, mulai dari harga, deskripsi produk, foto produk, info kontak anda sebagai penjual, dan seterusnya. Media pemasaran online sama halnya dengan lembaran brosur.

Untuk media pemasaran online sendiri, anda bisa menggunakan apa saja termasuk termasuk menggunakan berbagai situs di internet yang bisa anda gunakan secara gratis, diantaranya sosial media seperti facebook, google plus, thread di forum dan sebagainya.

Saluran Pemasaran Online

Ada banyak sekali saluran pemasaran online di antaranya mesin pencari, sosial media, forum, dan sebagainya. Mesin pencari yang paling populer adalah Google, sosial media yang paling banyak digunakan adalah Facebook, saluran video yang paling banyak dikunjungi adalah youtube dan lain-lain.

Saluran pemasaran adalah saluran dimana media pemasaran akan diaktifkan untuk menjalankan promosi. Sederhananya begini, anda sudah membuat banyak brosur, kemudian brosur tersebut akan dibagikan kemana? Anda bisa membagikan di dalam kereta, ditempel di tiap tiang listrik, dibagikan di dalam angkutan umum, dibagikan di kampus-kampus, dan sebagainya. Seperti itu juga dengan saluran pemasaran online. Jadi jika brosur ibarat media pemasaran online, maka kereta, tiang listrik, kampus, ibarat saluran pemasaran online.

Pada prakteknya, nanti antar saluran bisa saling berperan. Misal anda menggunakan facebook sebagai media promosi. Tapi jika halaman Facebook yang anda buat lalu muncul di google , maka anda juga bisa mendapatkan pembeli dari google. Begitupun halnya jika anda menggunakan media pemasaran di forum seperti detik maka anda bisa mendapatkan pembeli dari forum itu sendiri, dari google atau dari sosial media. Tergantung kepada dimana media pemasaran yang anda buat akan dibagikan kemana.

Metode Pemasaran Online

Metode pemasaran Online hanya dibagi menjadi 2 jenis yaitu iklan dan bukan iklan. Metode pemasaran online menggunakan iklan, tentu saja harus membayar selama iklan anda ditayangkan. Sedangkan metode pemasaran online yang bukan iklan atau yang biasa di sebut dengan organik, bisa anda gunakan secara gratis.

Metode pemasaran menggunakan iklan maupun bukan iklan, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Metode pemsaran online menggunakan dengan iklan akan lebih cepat tayang, hanya membutuhkan sedikit waktu persiapan, bahkan dalam hitungan jam maka iklan anda bisa langsung tayang. Kelemahannya adalah, iklan anda hanya tayang akan di tayangkan selama anda membayar biaya iklan.

Sedangkan metode pemasara online bukan iklan seperti SEO (Search Engine Optimazation) membutuhkan lebih banyak persiapan. Halaman promosi yang anda buat pun tidak bisa langsung tayang, karena membutuhkan waktu proses. Waktu proses rata-rata antara 1 sampai 3 bulan, bisa lebih cepat, tergantung banyak faktor. Sedangkan kelebihannya adalah halaman promosi anda bisa tayang bertahun-tahun dan bahkan gratis.

Metode Pemasaran Menggunakan SEO

Metode pemasaran online yang saya jelaskan dalam artikel ini adalah menggunakan SEO. SEO singkatan dari Search Engine Optimazation yaitu metode pemasaran untuk mengoptimalkan potensi kemunculan suatu situs terhadap mesin pencari sepeti google. Sebenarnya, ada banyak mesin pencari selain Google diantaranya adalah Bing. Tetapi untuk mempersempit cukupan materi , maka dalam setiap pembahasan SEO, dimana mana yang selalu dijadikan target adalah google.

SEO erat kaitannya dengan kata kunci dan setiap kata kunci memiliki tingkat kesulitan masing masing berdasarkan nilai yang terkandung di dalamnya. Nilai tersebut bisa disebabkan karena jumlah pencarian yang tinggi, atau bisa karena faktor lain. Contoh kata kunci yang jumlah pencariannya rendah tapi banyak di buru adalah kata kunci yang mengandung kata “terbaik” misalnya untuk produk asuransi.

Memang ada banyak tujuan SEO, meskipun pada dasarnya semua merupakan bagian dari kegiatan pemasaran. SEO juga digunakan untuk meningkatkan kesadaran terhadap suatu merek atau disebut dengan Brand Awareness. Brand Awareness itu contohnya iklan mie instan yang di putar berulang ulang di televisi saat tayangan sinetron.

Tujuannya memang bukan untuk dibeli karena pembeli akan beli mie instan ke warung, minimarket, pasar, dan bukan ke televisi. Seperti itulah kira-kira gambaran brand awareness. Jadi brand awareness lebih hanya kepada mengingatkan kembali kepada suatu merek produk. Metode SEO bisa digunakan untuk tujuan ini, selain masih ada tujuan tujuan lainnya.

Ketika SEO digunakan untuk tujuan online, salah satu faktor keberhasilannya akan ditentukan oleh pemilihan kata kunci. Pemilihan kata kunci yang spesifik (lebih detil) akan membuat halaman promosi yang kita buat, lebih mudah muncul di page one google. Kata kunci yang spesifik juga memiliki peluang lebih besar terjadinya transaksi.

Keunggulan Pemasaran Online Menggunakan SEO

Keunggulan pemasaran online menggunakan SEO adalah :

  1. Gratis. Karena bukan iklan , maka metode pemasaran SEO tidak perlu membayar biaya iklan sama sekali.
  2. Tanpa Website. Anda tidak harus punya website sendiri. Alternatifnya cukup menumpang pda situs situs besar dengan membuat halaman disana untuk meletakkan informasi produk anda.
  3. Tak terbatas. Anda bebas membuat berapapun halaman promosi yang anda inginkan karena gratis.
  4. Jangka panjang. Tak ada batasan waktu berapa lama halaman promosi anda boleh tayang, bahkan dalam 3 tahun ke depan pun halaman situs anda masih bisa muncul di Google.
  5. Bekerja 24 jam. Halaman promosi anda akan terus bekerja siang dan malam tanpa henti, bahkan saat anda tidur.
  6. Jangkau luas. Halaman promosi anda bisa ditemukan siapa saja di google. Jadi bukan tidak mungkin halaman promosi anda juga akan dilihat oleh calon pembeli dari luar kota dan luar provinsi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here