Pengaruh Email Marketing Untuk SEO | Email marketing adalah sejenis pemasaran internet yang terjadi ketika perusahaan mengirim pesan promosi atau materi kepada sekelompok orang melalui email. Biasanya, pesan-pesan ini mengandung iklan, pesan komersial, ajakan penjualan atau donasi, atau panggilan untuk bisnis.

Segala jenis email dengan konten tersebut dapat dianggap sebagai email  marketing dan tujuannya adalah untuk mendapatkan pelanggan baru, membangun atau meningkatkan hubungan perusahaan dengan pelanggan mereka saat ini, dan bagi pelanggan mempertimbangkan bisnis berulang dengan mereka untuk mengembangkan kepercayaan, kesetiaan, atau untuk memberi mereka kesadaran tentang merek mereka. Namun Seberapa Penting Pengaruh Email Marketing Terhadap Seo.

Memang SEO saat ini masih sangat beperan penting bahkan menjadi salah satu modal utama dalam membangun strategi pemasaran online, Jika anda mampu menerapkan Seo maka website anda mampu berada di halaman satu google dengan keyword-keyword yang anda riset yang tentunya sangat potensial, maka aliran traffic, lead atau sales bisa terjadi pada website bisnis Anda.

Baca Juga : 2 Cara Mudah Dapat Duit Di Internet

Namun sebagai pebisnis online marketing sudah tentunya masing-masing anda memiliki “SENJATA AMPUH” lain yang bisa Anda pergunakan sebagai alternatif atau cadangan yang tentu bisa Anda andalkan salah satunya adalah email marketing.

Pengaruh Email Marketing Untuk SEO

Memang jika dilihat secara teknis email marketing tidak secara mutlak mempengaruhi terhadap search engine optimization (SEO). Tidak bisa malam ini kita broadcast email, lalu keesokan harinya website kita muncul di halaman pertama mesin pencari seperti Google.

Walau tidak secara langsung akan tetapi dengan email marketing bisa mempengaruhi faktor-faktor yang menjadi penentu ranking di mesin search engine . berikut ini Pengaruh Email Marketing Terhadap SEO.

1Inbound link

Semakin banyak dan berkualitas link yang menuju ke situs Anda semakin tinggi otoritas domain Anda. Otoritas domain, menurut Moz, “adalah skor (dalam skala 100 poin) yang dikembangkan oleh Moz untuk memprediksi seberapa baik sebuah situs web untuk berada di peringkat mesin pencari.

Dengan demikian, mendapatkan inbound link yang kuat merupakan faktor penting dalam meningkatkan SEO Anda. Anda dapat menggunakan email marketing untuk secara khusus mendorong subscribers Anda untuk membuat link menuju posting terbaru Anda, atau halaman tertentu dari situs Anda.

Sebagai contoh, Anda adalah seorang juru masak terkenal yang mempunyai website dan banyak database email. Anda baru saja memposting tentang resep makan siang terbaru di website Anda. Lalu Anda juga menginformasikannya melalui broadcast email ke semua subscribers Anda.

Dengan sampainya informasi tersebut akan membuat kecenderungan mereka membagikannya di sosial media atau ke blog pribadi mereka.

Sehingga akan ada banyak sekali link yang menuju ke website Anda, dan ini akan mempengaruhi peringkat Anda di mesin pencari.

2Promosi Konten

Anda juga bisa menggunakan database email Anda untuk meningkatkan visibilitas dan kinerja konten Anda secara umum.

Baca Juga : 7 Cara Posting Konten Untuk Jualan Di Instagram

Misalnya, Anda dapat mengirim newsletter mingguan atau bulanan yang menampilkan beberapa posting blog Anda yang paling populer. Hal tersebut dapat meningkatkan visibilitas dan traffic ke situs Anda.

3Membangun Interaksi di Dalam Website

Dalam merangking hasil pencarian, Google menggunakan dasar lalu lintas individu dan engagement untuk menentukan nilai sebuah website. Meskipun hal ini masih banyak yang mendebatkannya, tetapi jelas bahwa memiliki pengunjung yang aktif dengan tingkat bounce rate yang lebih rendah dan waktu kunjungan yang lebih lama akan menjadikan peringkat pencarian Anda lebih baik.

Baca Juga : Manfaat Strategi Pemasaran 

Mendapatkan kunjungan dari orang-orang yang ada di database email Anda, membantu Anda meng-engage pengunjung website secara keseluruhan.

4Membangun Reputasi

Email marketing sangat ideal untuk membangun reputasi brand dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Biarpun ini terlepas dari SEO, namun menentukan keseluruhan reputasi brand Anda.

Dengan reputasi website baik , semakin mudah bagi website Anda untuk populer. Website yang populer punya keunggulan bersaing yang tinggi di dalam SEO.

Jika ada pertanyaan, saran atau kritik, silakan tulis di kotak komentar di bawah ini. Dan bagikan tulisan ini di akun sosial media Anda supaya teman-teman Anda juga bisa mendapatkan manfaat yang sama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here