Strategi pemasaran digital Anda adalah serangkaian tindakan yang membantu Anda mencapai tujuan perusahaan melalui saluran pemasaran online yang dipilih dengan cermat. Saluran-saluran ini termasuk media berbayar, didapat, dan dimiliki, dan semuanya dapat mendukung kampanye bersama seputar lini bisnis tertentu.

Menurut sebuah studi Mengelola Pemasaran Digital oleh Smart Insights, 46% merek tidak memiliki strategi digital  marketing yang jelas, sementara 16% memang memiliki strategi tetapi belum mengintegrasikannya ke dalam kegiatan pemasaran mereka. Tapi ini masalahnya: jika Anda tidak punya rencana, bagaimana Anda bisa berharap untuk tumbuh dan berinovasi, untuk mengukur hasil yang berarti dan belajar dari kesalahan yang pernah anda lakukan.

Pada saat ini Trend marketing sudah banyak digunakan oleh pebisnis mulai dari skala kecil hingga skala besar. Beberapa platform Digital Marketing di Indonesia  yang sering digunakan oleh para pebisnis adalah SEO, SEM, Social Media Marketing dan masih banyak lagi strategi lainnya yang berhubungan dengan Digital Marketing. Peluang dalam digital marketing ini perlu dimanfaatkan dengan tepat agar menghasilkan income yang lebih efektif terhadap bisnis anda.

Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan

Dalam melakukan pemasaran digital, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar strategi yang dijalankan sesuai dengan tujuan akhirnya. Berikut strategi digital marketing untuk meningkatkan penjualan :

1. Context

Menentukan konteks yang akan dibuat untuk strategi digital marketing sesuai dengan produk ataupun layanan bisnis anda. Mulai dari menentukan permasalah hingga strategi apa saja yang akan diterapkan melalui pemasaran digital.

2. Value Exchange

Value atau nilai apa yang akan diberikan kepada konsumen dalam memasarkan produk. Tujuan dari penentuan nilai yang baik adalah untuk menciptakan loyalitas konsumen sehingga mereka akan menjadi bagian yang tidak dapat dilepaskan dari kesuksesan pemasaran digital.

3. Objectives

Tujuan yang ingin dicapai oleh seseorang dalam melakukan kegiatan pemasarannya. Sebuah strategi dijalankan tentunya dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu dan tujuan tersebut dapat diukur dengan KPI (Key Performance Indicator) mencakup Specific, Measurable, Attainable, Realistic dan Time-Bound.

4.Tactics

Banyak teknik yang tersedia untuk mewujudkan target dalam pemasaran digital. Setiap taktik memiliki keunggulan. Contohnya adalah untuk mendapatkan pelanggan baru, lebih baik melalui penyebaran informasi yang dapat dicari mesin pencarian.

5. Evaluation

Evaluasi terhadap langkah-langkah yang sudah dilakukan sebelumnya, dengan begitu dapat melangkah ke tahap selanjutnya dengan strategi digital marketing yang baru.

Cara Mudah Memulai Bisnis dengan Digital Marketing Strategy

strategi digital marketing

Jika tidak memulai menyusun strategi untuk melakukan digital marketing pada bisnis dari sekarang, bisa jadi Anda akan semakin tertinggal dari para kompetitor yang sudah terlebih dahulu menjalankan digital marketing strategy. Berikut lima strategi digital marketing yang dapat diterapkan oleh setiap pemilik bisnis agar mampu membuat bisnisnya lebih berkembang.

1. Menetapkan Tujuan dan Target Sasaran

Untuk memulai bisnis memasuki ranah digital, maka Anda harus memiliki tujuan yang jelas seperti ingin menambah pelanggan baru atau ingin lebih maju daripada kompetitor. Buat target audience yang tepat dengan mengategorikan umur, gender, lokasi, dan interest mereka. Misalnya, jika Anda membuka bisnis make up maka target sasarannya adalah wanita berumur 15 tahun ke atas. Memiliki target sasaran dan tujuan yang tepat dapat membantu Anda mengetahui apa yang perlu Anda pusatkan.

2. Menentukan Strategi Pemasaran Produk

Setelah target dan tujuan rampung, maka dilanjutkan dengan menyusun strategi. Salah satu konsep strategi pemasaran adalah AIDA (Awareness, Interest, Desire, and Action). Konsep AIDA pada penggunaan digital marketing berguna untuk menciptakan strategi pemasaran yang menarik, mulai dari cara menarik perhatian publik, mendorong minat, membuat mereka ingin, dan menciptakan suatu tindakan.

Baca Juga : 5 Tips Memilih Saluran Pemasaran Dengan Bijak

Misalnya Anda memiliki bisnis makeup dan ingin dijual lewat website. Hal pertama dan cukup penting adalah bagaimana website tersebut mampu menarik perhatian buyers pada produk yang dijual. Setelah tertarik maka tugas Anda sebagai penjual adalah membeli produk yang Anda tawarkan dan akan terjadinya suatu tindakan oleh buyersdengan membeli produk Anda.

3. Mempergunakan SEO untuk Menjadi Pencarian Teratas

Setelah strategi tersusun, maka langkah besar selanjutnya Anda dapat membuat website menggunakan optimalisasi SEO (Search Engine Optimization). SEO berguna untuk menaikkan traffic website Anda mundul di halaman satu dengan bantuan SEO on page dan SEO off page. Strategi SEO bekerja dimulai dari risek kata kunci, menggunakan title tag, title description, content marketing, dan membangun backlinks.

Saat ini hingga jutaan orang menggunakan website untuk berbagai keperluan dalam mencari layanan dan produk yang diinginkan. Persaingan yang ketat membuat Anda harus memberikan effort besar bagi bisnis Anda sendiri.

Baca Juga : Apa Saja Pengaruh Email Marketing Untuk SEO

Itulah mengapa SEO diperlukan bagi bisnis Anda agar menjadi pencarian teratas di Search Engine Result Page. Mengapa website penting di halaman pertama? Selain website akan mudah ditemukan oleh audience tertarget, strategi SEO akan meningkatkan kredibilitas dan brand awarness Anda.

4. Menyusun Konten dan Gunakan Keywordyang Tepat

Langkah selanjutnya menyusun konten untuk isi dari website dan platform media sosial. Konten yang akan dimasukkan ke kolom website berupa tulisan mengenai produk yang Anda jual. Jika Anda menjual make up maka konten yang ada di website berupa deskripsi produk, cara penggunaan, review produk, dan lainnya. Selain menggunakan SEO, konten juga bisa menjadi acuan website Anda menjadi pencarian teratas dengan menggunakan Keyword yang tepat.

Keyword yang menarik adalah keyword yang paling banyak dicari. Anda bisa meriset kata kunci lewat situs tracking keywords, seperti Google Keyword Planner dan Keywordtool.io.

5. Perluas Jaringan Anda Melalui Media Sosial

Media sosial kini juga menjadi referensi kedua terbesar setelah website untuk mencari produk-produk yang diinginkan para buyers. Indonesia merupakan pengguna aktif media sosial, maka tidak heran jika penjualan banyak dihasilkan melalui media sosial.

Menurut para pakar internet marketing menyebutkan bahwa YouTube, Facebook, dan Instagram adalah tiga teratas pemakaian media sosial di Indonesia pada Q3 & Q4 2016.

Baca Juga : 7 Cara Posting Konten Untuk Jualan Di Instagram

Meskipun YouTube, Facebook, dan Instagram adalah social media terbesar di Indonesia, bukan berarti Anda harus menggunakan semua channel tersebut pada bisnis. Semua kembali lagi pada kebutuhan, brand yang dijual, serta target konsumen Anda untuk menentukan platform yang tepat.

Memulai bisnis dengan digital marketing kini sudah sangat mudah, akan tetapi tetap menjunjung tinggi kepuasan konsumen terhadap pelayanan yang Anda berikan dan tetap melakukan promosi walaupun sudah memiliki reputasi yang baik, agar terus dapat menarik keinginan pelanggan untuk tetap berbelanja produk Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here