Usaha kuliner adalah salah satu bisnis yang masih menjadi primadona andalan utama di era moderen ini. Dikarena makanan merupakan salah satu kebutuhan untuk setiap orang, untuk memulai usaha kuliner modal yang dibutuhkan pun juga tak terlalu besar. Yang uniknya Kebanyakan orang dalam menjalankan bisnis kuliner dikarenakan kesukaan maupun hobi dalam bidang menyajikan makanan atau sering disebutkan dengan memasak.

Era sekarang ini usaha bisnis kuliner juga semakin ketat saja disebabkan banyaknya para pelaku usaha yang terjun dalam bisnis kuliner dan tentunya membuat persaingan di dalamnya.

Dalam Usaha kuliner hal yang paling penting merupakan mengandalkan keahlian dalam bidang memasak akan tetapi itu saja tidak cukup untuk keuntungan yang maksimal. Nah untuk itu, anda harus tahu agar usaha bisnis kuliner Anda terus berkembang pesat hingga dikenal banyak orang dengan racikan ciri khas masakan anda, kerena demikian Anda perlu untuk memperhatikan banyak hal terutama mengenai Strategi pemasaran untuk bisnis kuliner.

Strategi Pemasaran Dalam Memaksimalkan Keuntungan Usaha Kuliner

Pemasaran Adalah suatu kegiatan yang sangat penting untuk sebuah bisnis. Melalui Strategi pemasaran, Anda dapat menarik perhatian terhadap pelanggan maupun konsumen dan hal ini dapat mempengaruhi terhadap income dalam bisnis Anda. Oleh sebab itu, memiliki strategi pemasaran yang efektif untuk usaha bisnis kuliner adalah hal yang paling penting. Apakah usaha bisnis kuliner Anda sudah memiliki strategi pemasaran yang efektif ? Berikut ini ada beberapa strategi pemasaran efektif yang dapat anda terapkan untuk usaha kuliner.

1Dengan Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial saat ini merupakan sudah menjadi suatu kebutuhan bagi siapa saja, apalagi bagi para pelaku bisnis sudah menjadi alat utama dalam promosi segala produk yang dijual. Maka Anda bisa menggunakan media sosial agar dapat membantu Anda memasarkan usaha bisnis kuliner.

Baca Juga : Cara Posting Konten Jualan Di Instagram

Jika Anda promosi usaha kuliner menggunakan media sosial seperti facebook, Instargram, twitter dan lain-lain, maka hal tersebut dapat menghemat biaya marketing bagi usaha kuliner anda. Selain itu, dengan menggunakan media social Anda dapat juga mengumpulkan database calon konsumen maupun pelanggan bisnis kuliner Anda.

Saat ini kita harus akui kecepatan dalam mempromosi apa saja pada media sosial memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Caranya pun tidak terlalu susah , Anda dapat melakukan promosi hanya dengan klak klik atau hanya dengan menulis status maupun posting konten maka dengan secepat kilat akan tersebar dalam hitungan detik ke berbagai penjuru bahkan seluruh dunia. Apalagi anda sudah memiliki banyak fallowers, makan akan sangat lebih mudah lagi.

2Dengan Bekerja Sama Dengan Pihak Lain

Sudah menjadi hakikat kehidupan dalam dunia ini, bahwa kita saling membutuhkan bantuan orang lain. Nah bekerja sama dengan pihak lain salah satu strategi pemasaran yang paling penting dalam sebuah bisnis apalagi dalam usaha kuliner. Anda dapat bekerja sama dengan pihak lain dalam bidang seperti jasa,biro, ataupun agen perjalanan. Dari Ketiga Hal tersebut akan sangat menguntungkan jika Anda bisa bekerja sama dengan agen perjalanan seperti pihak Transportasi seperti sopir bus, karena meraka sering bawa penumpang dan dengan hal tersebut pendapatan Anda juga semakin terjamin beberapa persen.

Baca Juga : Langkah Tepat Dapat Kerja Sampingan 

Tipsnya Anda dapat memberikan penawaran maupun memperkenalkan masakan usaha kuliner anda  kepada agen perjalanan yang bersedia untuk membantu Anda dalam mempromosikan ciri khas kuliner Anda. Namun anda jangan pernah lupa membalas jasa orang lain bahkan hal itu mesti anda lakukan jika agen atau biro perjalanan bisa singgah maupun membawa para penumpang maupun pelanggan ke tempat Anda, berikan dia sesuatu insentif atau komisi dan lain-lain.

3Buatkan Lokasi Usaha Kuliner Di Google Maps

Strategi pemasaran Efektif selanjutnya adalah membuat lokasi atau peta bisinis kuliner Anda pada Google Maps. Tips ini akan paling penting bahkan sangat bermanfaat jika lokasi usaha bisnis kuliner Anda berada di tempat yang tidak strategis maupun jauh dari khalayak ramai. Rasa masakan yang enak tidak akan mungkin terjual dengan maksimal jika palanggan tidak mengetahui dimana lokasi usaha kuliner Anda.

Dengan Mendaftarkan lokasi pada Google Maps, maka akan sangat membantu usaha kuliner Anda dikenal oleh kalangan masyarakat umumnya. Hal ini seringkali karena menurut pengalaman saya sendiri sebagai pelanggan dalam perjalanan sering melakukan tag  lokasi setelah merasakan makanan di tempat tersebut dalam media sosial dan orang lain yang melihat pun dapat melacaknya dengan sangat mudah. Mereka juga bisa memberikan review tentang bagaimana racikan maupun citarasa usaha kuliner Anda.

4Mendaftarkan Bisnis Kuliner Pada Aplikasi Lain

Saat ini usaha startup juga banyak sekali yang memudahkan Anda untuk melakukan promosi. Anda dapat mendaftarkan usaha kuliner Anda pada startup-startup yang berhubungan dengan bidang kuliner. Contohnya seperti Go-Food pada GoJek, Madhang, Mangan, Zomato, Wakuliner, Pergikuliner, dan sebagainya.

5Program Diskon

Program diskon merupakan tips paling ampuh dalam usaha kuliner bahkan program ini adalah yang paling diharapkan oleh pelanggan. Dengan program diskon juga dapat Anda terapkan pada event maupun momen tertentu. Seperti menjelang hari Raya Idul Fitri, Puasa, Hari Kemerdekaan, dan momen maupun acara spesial lainnya.

Dengan adanya Program diskon pada acara tertentu biasanya akan membuat pelanggan anda berbelanja lebih banyak. Namun, dalam memberikan diskon anda mesti wajib perhatikan manajemen persentasenya jangan sampai gara-gara diskon dapat membuat Anda menjadi merugi. Karena tujuan dalam diskon ini merupakan untuk menarik lebih banyak konsumen maupun pembeli dalam usaha anda.

Namun jika boleh saya sarankan jika anda membuka usaha kuliner , ada baiknya ketika louching pertama mesti anda gratiskan untuk memperkenal citarasa masakan ciri chas kuliner anda. Walau cara ini memang dapat merugikan anda 100%, tapi tak ada salahnya untuk dicoba apalagi anda punya banyak modal, karena sebagai seorang pembisnis sejati, maka tak pernah takut rugi, jika memang rasa kuliner anda enak, maka di hari-hari selanjutnya siapkan karung dalam menerima keuntungan.

6Mengikuti Festival Kuliner

Mengikuti festival kuliner merupakan salah satu strategi pemasaran. Dengan mengikuti festival maka Anda juga dapat memperluas jaringan bisnis kuliner Anda. Umumnya festival kuliner akan dihadiri oleh banyak pengunjung dari bermacam kalangan, tentu saja ini merupakan kesempatan emas bagi usaha kuliner anda untuk melakukan ajang promosi.

Sewalah lapak atau tempat yang strategis, hias tempat tersebut semenarik mungkin dan senyaman-nyamannya untuk dikunjungi oleh pengunjung di acara festival. Anda juga dapat membuat card nama yang dapat Anda berikan kepada para pengunjung festival kuliner yang datang sehingga mereka akan mengingat usaha kuliner Anda apalagi rasa nya yang sangat maknyus.

Demikianlah Strategi Pemasaran Efektif Untuk usaha kuliner yang bisa anda terapkan untuk meningkatkan income atau pendapatan anda. Semoga Bermanfaat, Share.

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here