Tahukah Anda? Ternyata 6 Hobi ini Bisa Jadi Bisnis dan Bikin Cepat Kaya!

0
1
hobi jadi bisnis - fotografi


Ada yang bilang bahwa pekerjaan paling menyenangkan berawal dari hobi. Kenapa begitu? Karena jika semua berawal dari hobi, Anda tidak akan merasa tertekan sehingga bisa bekerja dengan baik. Yap, bekerja sesuai dengan passion atau keinginan memang jadi dambaan semua orang. Hanya saja, bisa menjadikan hobi itu menjadi sebuah pekerjaan bukanlah hal yang mudah.

Baca juga: Ingin Capai Sukses? Berikut 5 Bisnis yang Bisa Membuat Anda Cepat Kaya!

Banyak orang yang enggan memulainya sehingga memilih untuk mengikuti jalur kehidupan dan bekerja tidak sesuai dengan kesenangan mereka. Orang-orang yang seperti ini, kadang akan lebih merasa tertekan dengan profesi dan ujung-ujungnya tidak nyaman. Padahal kalau ingin mengikuti kata hati, Anda bisa memperoleh keuntungan besar dari hobi yang selama ini digemari.

Ada banyak sekali kisah orang-orang yang mampu sukses membangun bisnis dari hobi. Meskipun awalnya tampak diremehkan, hobi-hobi itu rupanya sukses memberikan hasil hingga puluhan juta rupiah asalkan dikejarkan dengan fokus dan penuh semangat. Penasaran ingin tahu? Inilah sederet hobi yang bisa bikin Anda cepat kaya. Tertarik mencoba?

Rekomendasi 6 Hobi yang Bisa Jadi Bisnis Hasilkan Jutaan Rupiah

1. Fotografi/Videografi

hobi jadi bisnis – fotografi

Hobi memotret atau merekam sebuah momen bukanlah hobi yang murah. Anda harus memiliki perangkat kamera yang mumpuni. Bahkan jika ingin membuat hasil foto/video makin indah, Anda harus memiliki laptop/PC agar bisa diedit lebih menarik. Karena memang hobi yang satu ini sudah memiliki modal cukup besar, kenapa tidak Anda coba jadikan sebagai lahan bisnis?

Caranya gampang, Anda bisa mengunggah hasil karya foto/video yang melalui platform media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook hingga Youtube. Posting karya terbaik karena bukan tidak mungkin, akan ada orang yang tertarik ingin difoto oleh Anda. Bahkan dalam perkembangannya, foto bukan cuma hanya memotret pemandangan atau acara pernikahan, Anda bisa mengembangkan kemampuan sebagai food fotografer.

Lebih lanjut, kemampuan fotografi/videografi sekaligus jasa edit ini sangat dibutuhkan oleh content creator masa kini. Selebgram atau Youtuber misalnya, mereka sangat memerlukan tenaga ahli foto/video supaya konten mereka lebih menarik. Jangan diremehkan, ahli foto/video saat ini memiliki bayaran sangat menggiurkan bahwa untuk satu kali proyek saja.

2. Menulis

hobi jadi bisnis - menulis
hobi jadi bisnis – menulis

Suka menulis? Saat ini bisa menjadi bisnis yang begitu menggiurkan. Coba Anda lihat situs-situs pencari pekerja lepas, akan ada banyak perusahaan yang membutuhkan jasa penulis lepas. Semakin bagus kemampuan menulis, tarif per artikel bahkan bisa menembus puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Atau jika Anda tak ingin terikat dengan deadline, bisa menulis di blog/situs pribadi.

Kelola blog/situs tersebut secara profesional, hingga akhirnya Anda bisa memasang iklan yang bakal menambah penghasilan. Ogah menulis online? Maka cobalah menghasilkan karya fiksi. JK Rowling misalnya, berkat imajinasinya mampu melahirkan novel seri Harry Potter yang membuatnya menjadi salah satu perempuan terkaya di dunia. Atau Anda bisa mencoba menggeluti bisnis penulisan naskah film/sinetron yang tentunya punya tarif besar juga.

3. Memasak

hobi jadi bisnis - memasak
hobi jadi bisnis – memasak

Memasak adalah salah satu hobi yang paling bisa dijadikan bisnis. Apapun jenis masakan yang Anda mampu, jangan biarkan hanya Anda dan keluarga yang mencicipi. Beranikan diri membuka warung atau restoran supaya semua orang tahu kemampuan Anda. Atau jika tak ingin ribet, bisa membuka toko online yang menyediakan aneka masakan.

Anda pun bisa mencoba konsep ala katering rumahan, katering karyawan hingga yang sudah pasti bermodal besar, katering pernikahan. Mau masakan berat, aneka kue, camilan ringan atau minuman viral? Jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, bisnis kuliner yang berawal dari hobi masak mampu memberikan pendapatan yang fantastis dan cepat balik modal.

4. Travelling

hobi jadi bisnis - travelling
hobi jadi bisnis – travelling

Ah, siapapun tentu suka travelling. Bisa berkunjung ke sebuah tempat yang indah, bergaul dengan masyarakat setempat dan mempelajari budaya yang ada tentu akan bikin mental lebih sehat. Hanya saja beberapa orang kadang enggan melakukan travelling karena mengeluarkan modal besar. Namun kalau Anda cukup jeli, hobi travelling bisa lho memberikan hasil yang besar dan jadi bisnis menjanjikan.

Caranya cukup mudah, Anda bisa menggabungkan hobi travelling dengan kemampuan lain seperti menulis atau fotografi. Konten yang Anda peroleh dari travelling bisa diunggah ke blog atau media sosial pribadi. Bukan tak mungkin akan ada agen wisata yang tertarik dan bakal mensponsori Anda berjalan-jalan asalkan mampu memberikan hasil konten yang berdampak positif ke bisnis. Atau jika Anda tak ingin cuma sekadar jadi endorser, Anda bisa mencoba bisnis jasa wisata kecil-kecilan.

Pakai konsep yang berbeda seperti pelayanan travelling ala backpacker dengan modal minim dan Anda sendiri yang bertugas sebagai pemandunya. Zaman sekarang, ada banyak sekali milenial yang mencari konsep wisata backpacker karena memang lebih murah. Selain menawarkan paket wisata, Anda juga bisa meniru jejak Traveloka dalam membangun startup penjualan tiket perjalanan online. Berkat bisnisnya, Traveloka mampu meraup pundi-pundi miliaran rupiah.

5. Kerajinan Tangan

hobi jadi bisnis - kerajinan tangan
hobi jadi bisnis – kerajinan tangan

Salah satu sektor yang paling berkembang di bisnis online adalah kerajinan tangan. Punya hasil yang unik dan awet, harga jual produk kerajinan tangan yang mengutamakan kreatifitas ini bahkan sangat mahal. Bukan tak mungkin kalau produk kerajinan tangan akan bisa diekspor hingga ke luar negeri yang tentunya membuat hobi ini sangat menjanjikan sebagai bisnis.

Hobi kerajinan tangan yang mampu menghasilkan hasil fantastis juga dirasakan oleh Selvia. Dilansir Detik Finance, penggagas Buku Unik ini menciptakan kreasi sampul buku catatan dengan sangat unik dan punya nilai seni tinggi. Berawal dari promo mulut ke mulut, orderan untuk Buku Unik pun melimpah dan menjadi bisnis yang menjanjikan. Dengan modal awal Rp 500 ribu pada tahun 2008, Silvia mampu meraih omzet Rp 50-80 juta/bulan pada tahun 2016.

6. Main Game

hobi jadi bisnis - main game online
hobi jadi bisnis – main game online

Game online banyak dituduh orangtua membuat anak mereka menjadi malas. Padahal jika hobi main game online ini dilakukan secara profesional dan fokus, bisa menjadi sebuah profesi yang sangat menjanjikan. Contoh paling nyata adalah PewDiePie, gamer sekaligus Youtuber yang setidaknya bisa memperoleh penghasilan Rp 14 miliar/bulan berkat kontennya.

Anda bisa mengikuti jejak PewDiePie dengan menghasilkan konten dan produk lewat game. Misalkan saja berjualan akun game, membuat konten tips dan trik bermain game online hingga mengikuti aneka turnamen game yang biasanya memiliki hadiah belasan juta rupiah. Patut diingat, jangan sampai hobi main game online membuat Anda lupa sekitar dan tanggung jawab. Lakukan hobi ngegame secara profesional, fokus dan memiliki tujuan supaya bisa memberikan pendapatan rupiah.

Baca juga: Mau Masuk Universitas? 7 Pilihan Jurusan Kuliah ini Cocok untuk Calon Pengusaha!

Bagaimana? Masih mengira kalau hobi itu bakal sia-sia dan cuma buang waktu saja? Ternyata tidak, bukan? Ada banyak sekali hobi yang jika dijalankan dengan serius dan benar-benar bertanggung jawab, justru mampu menjadi bisnis yang menjanjikan. Bahkan bisnis yang berangkat dari hobi bukan tak mungkin mampu memberikan penghasilan jauh lebih besar daripada Anda harus menjalani profesi sebagai karyawan kantoran atau PNS sekalipun.

Namun tetap, penghasilan besar yang diidamkan hanya bisa diperoleh jika Anda selalu fokus dan tidak pernah menyerah. Untuk itu, cari tahu hobi Anda dan kembangkan menjadi sebuah bisnis!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here