Hashtag Jualan Instagram | Di era digital ini banyak orang yang memanfaatkan sosial media sebagai sarana untuk menjual produknya agar bisa mendapatkan uang. Semua kemudahan yang sudah disediakan ini akan sangat bermanfaat jika dimanfaatkan sebaik mungkin khususnya bagi para pebisnis. Menggunakan media sosial sebagai sarana untuk marketing sudah lazim dan banyak dilakukan oleh orang-orang, namun semua itu bisa dilakukan jika sudah mengatahui caranya.

Saat ini instagram menjadi salah satu aplikasi sosial media untuk berbagi foto dan video terbesar di Dunia. Bahkan menurut beberapa sumber yang valid selama tahun 2019 tercatat tidak kurang 50 juta orang menjadi pengguna aktif instagram di Indonesia. Dalam instagram sendiri sekarang tidak hanya akun personal saja yang mendapatkan follow namun dengan cara Hashtag (#) anda juga bisa mendapatkan follower.

Baca Juga : 7 Cara Posting Konten Untuk Jualan Di Instagram

Ketika anda mengupload sebuah foto atau video di instagram pasti anda akan menyertakan caption untuk sekedar pengantar atau menjelaskan apa yang ada di gambar tersebut. Sementara itu fungsi Hashtag sendiri adalah sebagai sarana untuk mengelompokan sebuah postingan serta untuk mempermudah dalam pencarian suatu topik. Karena fungsi Hashtag sendiri dalam isnstgram adalah sebagai keyword atau pencarian dalam instagram.

Tips Jualan Di Instagram Dengan Hashtag

Jadi jika anda memberikan Hashtag yang tepat dan benar maka foto atau produk yang anda jual muncul pada hasil pencarian, dan itu akan mempermudah bagi calon pembeli untuk membeli produk tersebut. Dan jika postingan anda semakin banyak dilihat oleh orang maka akan semakin besar juga closing/penjulan yang akan anda dapatkan. Berikut ini beberapa cara menggunakan Hashtag di Instagram untuk melejitkan penjulan produk anda.

1. Hashtag Harus Sesuai Dengan Isi Postingan

Sangat diutamakan ketika anda mengupload sebuah produk di Instagram foto atau gambar tersebut harus bagus, karena hal ini dapat meningkatkan promosi suatu produk anda. Berikanlah Hashtag dan keterangan produk seperlunya saja. Misal jika anda menjual produk baju wanita maka sebaiknya Hashtag yang digunakan adalah yang berkaitan dengan baju, seperti #bajuwanita #bajuwanitakekinian #bajuwanitaterbaru, intinya jangan sampai menggunakan Hashtag yang tidak ada hubunganya dengan produk yang anda jual. Karena jika anda menggunakan Hashtag yang tidak ada hubunganya maka akan membingungkan calon pembeli dan produk anda juga akan sulit berlembang.

2. Gunakan Hashtag yang Strategis

Dalam penggunaan Hashtag yang tepat maka akan mempermudah menemukan postingan anda. Anda juga diperbolehkan untuk menggunakan Hashtag yang popular, caranya yaitu dengan mengetik pada kolom pencaraian yang ada pada Instagram. Cari kata yang merujuk pada postingan anda, maka akan muncul Hashtag yang lain dan yang paling populer beserta jumlah akun yang menggunakan Hashtag tersebut. Selain itu dalam pencarian Hashtag anda bisa menggunkan aplikasi Hastger yang bisa anda download pada palystore untuk mencari Hashtag yang sesuai dengan produk yang anda jual.

3. Jangan Terlalu Banyak Hashtag

Dalam pemberian Hashtag sendiri Instgram membatasi hanya 30 Hashtag saja yang digunakan. Jika anda memberikan terlalu banyak Hashtag maka akan menjadikan postingan anda kurang bagus dan akan membuat calon pembeli menjadi terganggu. Alangkah baiknya hanya menggunakan 20 Hashtag saja dalam sebuah postingan.

4. Ciptakan Hashtag yang Unik

Trik Hashtag selanjutnya yaitu adalah ciptakan Hashtag yang unik akan tetapi yang masih berhubungan dengan produk anda. Bisa jadi dengan Hashtag yang anda buat tersebut menjadi Hashtag yang pertama kali dan akan menjadi tranding topic atau bahakan Hashtag yang populer, dan jika Hashtag anda menjadi tranding topic maka produk anda akan semakin populer dan banyak dicari orang.

5. Berikan Hashtag Pada Postingan Video

Sistem algaritma Instagram sendiri sangat menyukai postingan video, maka dari itu buatlah video yang mengenai produk yang anda jual dan jangn lupa tambahkan Hashtag yang stratefis pada video tersebut. Anda bisa membuat video detail produk yang anda jula serta testimoni dari para pelanggan.

6. Letakan Hashtag Pada Tempat yang Tepat

Letakkan Hashtag pada kolom komentar pertama, karena hal ini akan lebih menarik dan akan membuat caption menjadi lebih rapi.

7. Rasio Gambar Harus Terang

Dalam berjualan di instagram salah satu faktor yang menarik pengunjung untuk membeli adalah rasio gambar harus bagus atau terang. Jadi sebelum mengupload gambar di intagram sebaiknya lakukan pengeditan agar supaya gambar lebih terlihat elegan.

8. Beralih ke Akun Bisnis

Di dalam isntagram sendiri ada yang namnaya akun pribadi dan akaun bisnis. Bagi anda yang berjualan di instgram saya sarankan agar akun pribadi anda di alihkan ke akun bisnis. Saat beralih ke akun bisnis ada 3 tab kontak yang fungsinya untuk memperpendek jarak anda dengan calon pembeli yaitu tab telepon, tab email, dan petunjuk arah.

Dengan 3 tab ini, calaon pemebeli akan lebih mudah menghubungi anda dan dari sisi penjualan anda dapat meminimalkan kemungkinan lost order. Dengan beralih ke akun bisnis akun anda akan terlihat lebih profesional daripada dengan akun yang pribadi. Akan tetapi sebelum anda beralih ke akun bisnis anda harus terlebih dahulu memilki fanpage dan mengkoneksikan akun facebook di profil instagram. Adapun cara untuk beralih ke akun bisnis adalah :

akun bisnis instagram

  • Masuk instagram
  • Klik setting di sebelah kanan atas akun instagram yang memiliki ikon titik 3
  • Scroll ke bawah hingga menemukan pilihan “beralih ke akun bisnis” dan ikuti langkah-langkah selanjtnya yang sudah disediakan.

9. Atur Post Pada Jadwal Yang Tepat

Sebelum anda mengupload produk di instagram akan lebih baiknya jika mengatur jadwal post. Adapaun waktu yang baik untuk mengupload produk yang anda jual diantaranya adalah:

  1. Pagi sekitar jam 6-7 Pada waktu pagi ini orang belum banyak yang melakukan aktiviatas, dan banyak yang bermain di sosial salah satunya adalah instagram.
  2. Siang hari sekitar jam 12-13 (jam istirahat) Pada Waktu siang ini (istirahat) juga banyak orang yang memanfaatkanya untuk bermain sosial media salah satunya instagram.
  3. Malam sekitar (jam 18-20) Waktu ini adalah waktu yang paling tepat untuk memposting produk anda, karena sebagian besar waktu ini adalah waktunya istirahat dan banyak orang yang memanfaatkanya untuk bermain di sosial media salah satunya instagram.

Dengan anda mengatur jadwal post sebaik mungkin atau dengan cara yang sudah disebutkan diatas maka otomatis produk anda akan semakin banyak dilihat oleh orang dan penjualan/closing akan lebih banyak.

10. Konsisten

Dalam melakukan penjulan di Instagram hal yang perlu anda lakukan adalah konsisten. Maksutnya jangan bosan untuk selalu posting produk yang anda jual meskipun belum closing juga dan semuanya itu pasti membutuhkan yang namanya proses.

Dari 10 cara di atas sudah saya praktekan, dan alhamdulilah dengan cara ini closing/penjualan meningkat.

Demikianlah mengenai tips atau cara melejitkan penjualan di Instagram dengan hanya menggunakan hashtag. Walaupun persaingan dunia online sangatlah besar, namun yakinlah anda salah satu yang mempunyai kekreatifan tersendiri dan anda bisa melakukanya dengan strategi Hashtag yang ada pada Instagram ini. Semoga bermanfaat, dan salam sukses.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here