Setiap pengusaha dalam berbisnis perlu menuliskan plan business (rencana bisnis). Apakah itu untuk memberikan arahan atau menarik para investor agar mau bekerja sama dengan anda, namun sebuah rencana bisnis sangatlah penting demi kesuksesan bisnis anda. Tanpa adanya rencana bisnis, perusahaan manapun tidak memiliki arah tujuan dan struktur yang bagus. Seperti pepatah bilang, tak kenal makanya tak sayang, jadi kamu wajib mengenal bisnis kamu dengan baik agar berjalan dengan maksimal sesuai target.

Oleh karena itu, rencana bisnis ( business plan ) ini harus jelas sejelas mungkin dan jika plan nya sudah mantap maka bisa memberikan semacam peta jalan bagi sebuah perusahaan. Tanpa adanya rencana bisnis, jika anda seorang pebisnis maka akan lebih sulit mengkomunikasikan sebuah visi maupun misi dan melihat arah untuk dapat berkembang dengan maksimal. Inilah beberapa cara untuk membuat rencana bisnis dengan baik yang bisa kamu terapkan.

Cara Membuat rencana Bisnis Yang Baik

1Riset yang Ekstensif

Riset merupakan menjadi hal paling utama bahkan sangat penting dari sebuah plan business atau rencana bisnis. Untuk merancang plan yang sempurna, kamu harus terlebih dahulu mengetahui tentang bisnismu dan industri yang ada di dalamnya. Lakukanlah riset dan pangsa pasar , analisis produk, dan tujuan bisnis saat melakukan plan bisnis.

Oleh sebab itu untuk dapat membuat rencana bisnis dengan baik, anda harus mengenal perusahaan, produk, pesaing, dan pangsa pasar secara lebih detail agar tidak bancos alias bangkrut.

Kamu harus pelajari setiap aspek secara mendetail, sehingga nantinya dapat menjawab setiap pertanyaan yang diajukan para investor dengan baik. Ini termasuk produk atau jasa bisnismu, target audiensi, pengeluaran, pesaing, area geografis, dan masih banyak lagi.

2Menentukan Tujuan dari Plan Business

Sebuah Plan business (rencana bisnis), adalah suatu dokumen tertulis yang menggambarkan tentang bisnis yang sebenarnya, strategi penjualan dan marketing, latar belakang manajemen keuangan, laporan untung dan rugi, dan masih banyak lagi. Rencana bisnis tersebut bisa berisikan tujuan yang berbeda-beda pula dan menjadi maps jalan yang memberikan arah dengan baik, sehingga suatu bisnis bisa merencanakan terhadap paling masa depannya.

Sebagai sample misalnya jika kamu ingin menarik para investor agar mau bekerja sama dengan anda, maka anda harus menulis rencana bisnis dengan target untuk investor tersebut dan menuliskannya harus jelas dan tepat serta tertata dengan baik.

3Cari Tahu Hal yang Tidak Boleh Dilakukan

Jika ingin bisnis anda sukses, identifikasi dan cari tahu apa saja hal-hal yang tidak boleh dilakukan. Anda juga harus mempelajari pengalaman-pengalaman orang lain mengapa bisnis meraka dalam industri yang sama telah gagal. Kesalahan apa yang telah mereka terapkan dan anda harus mempunyai pola pikir bagaimana caranya agar  kamu bisa melakukannya dengan cara berbeda dari meraka?

4Dokumentasikan Semua Aspek Bisnis

Sebagai calon investor sudah pasti mereka ingin memastikan bahwa bisnis kamu bisa mendatangkan keuntungan bagi meraka, ingat tidak ada investor mana pun yang ingin rugi walaupun dalam berbisnis ada resikonya. Oleh karena itu para investor ingin mengetahui segala sesuatu yang berkaitan dengan bisnis kamu. Nah, untuk dapat membantu anda dalam proses ini, dokumentasikan segala aspek baik dari segi pengeluaran, arus kas, dan proyeksi industrimu.

5Membuat Rencana Strategi Marketing

Plan business yang hebat akan melibatkan strategi marketing yang mantap dan rencana pemasaran yang sangat agresif. Ini berkaitan dengan cara mencapai tujuan pemasaran seperti memperkenalkan brand baru anda, memperluas jaringan pasar untuk produk anda yang sudah ada, menembus ke pasar baru, meningkatkan penjualan di produk tertentu, dan memperbaiki produk. Setiap tujuan strategi marketing harus memiliki beberapa teknik untuk mencapai tujuan dengan baik.

6Sesuaikan untuk Setiap Audiens

Rencana bisnis (Plan Busines) yang anda buat harus disesuaikan dengan setiap audiens yang tertarik dengan bisnismu. Sebagai contoh, jika audiensmu seorang bankir atau penasehat keuangan, tentu mereka akan lebih tertarik melihat laporan manajemen keuangan dan neraca pada bisnismu. Jadi anda harus pastikan planing itu dapat dimodifikasi supaya dapat dipahami oleh semua audiens. Meskipun informasinya sama, kamu juga bisa menampilkannya sesuai kebutuhan dan keinginan setiap audiens anda.

7Tunjukkan Keseriusanmu

Saat anda menjelaskan plan bisnis tersebut kepada para investor, pelanggan, ataupun anggota tim yang lain, tunjukkan  keseriusanmu, penguasaan, dan concern terhadap paling bisnis yang anda rencanakan. Ajak mereka untuk berdiskusi  tentang kelemahan-kelamahan yang anda hadapi dalam bisnis yang telah kamu lakukan,  masalah yang ingin kamu selesaikan bersama, dan nilai lebih dirimu dibanding pesaing. Jika anda sudah memiliki tekad untuk serius maka segala rintangan bisa anda hadapi bersama investor anda.

Nah, itulah beberapa rencana bisnis (plan business) yang baik dan tentunya bisa kamu terapkan. Memulai bisnis secara mandiri memang sangat menarik, tetapi kadang-kadang bisa membuat kita bosan dan stres. Namun, jangan mundur begitu saja saat kamu sudah mendekati langkah akhir dalam meraih bisnis impianmu itu. Manfaatkan beberapa teknik rencana bisnis yang baik ini agar dapat menenangkan hati siapapun. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here